MUI Bangka Minta Penyembelihan Hewan Kurban Ikuti Protokol Kesehatan

Ilustrasi. Foto : Tirto.id

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka meminta pemotongan atau penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya anjurkan penyembelih hewan kurban pada perayaan Idul Adha, menerapkan protokol kesehatan agar terjaga kesehatan masyarakat,” kata Ketua MUI Kabupaten Bangka Syaiful Zuhri, Rabu (15/7).

Dia menyarankan penyembelihan hewan kurban tetap memperhatikan standar kebersihan, termasuk pisau yang dipergunakan untuk menyembelih hewan benar-benar tajam dan bersih.

“Upayakan memakai sarung tangan, begitu juga saat pendistribusian daging ke warga untuk menghindari kerumunan atau banyak orang,” katanya.

Menurutnya, daging hewan kurban sebelum dibagikan ke warga dipastikan dalam kondisi bersih dan hewan yang disembelih pun dalam kondisi sehat, daging hendaknya jangan dipegang oleh banyak orang.

Syaiful mengajak umat Islam yang sudah mampu agar menunaikan ibadah kurban guna meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Hewan kurban dapat langsung diserahkan ke tempat panitia penyembelihan atau dititipkan karena pertimbangan pandemi Covid-19,” jelasnya.

Aturan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi Covid-19 dari MUI sesuai edaran dari Kementerian Agama, kata dia, akan segera dikirim ke panitia kurban agar dapat dijalankan.(rul/kbc)

About kabarbabel 2200 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.