KPHP Sigambir Kotawaringin Bangka : Izin Diberikan Kepada PT Watana Segar Alam

Kepala KPHP Sigambir Kotawaringin Kabupaten Bangka, Bambang Trisula. Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Kepala
Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sigambir Kotawaringin, Kabupaten Bangka, Bambang Trisula menjelaskan, izin pengelolaan hutan di kawasan Desa Rebo diberikan kepada PT Watana Segar Alam. Dimana, kawasan hutan akan dibangun fasilitas sarana prasarana pariwisata alam.

“Intinya tidak ada yang tidak boleh akan aktifitas dari PT Watana Segar Alam dilahan yang menjadi kawasan hutan lindung tersebut,” katanya kesejumlah wartawan di lokasi aktifitas PT Watana Segar Alam di Desa Rebo, Kamis (09/07).

Selain itu, lahan yang dikelolahkan PT Watana Segar Alam ini hanya 3,2 hektar dan merupakan daerah Hutan Lindung (HL) Desa Rebo potensinya wisata. Izin yang diberikan pada HL juga bertujuan wisata, seperti wisata Bukit Sakbuk itu juga izinnya hanya pinjam kawasan dan Puri Tri Agung juga sebagai wisata religi.

”Jadi hari ini, kita fasilitasi dan mediasi apa yang menjadi keberatan masyarakat Desa Rebo dengan lahan yang telah diizin terbitkan Gubernur Babel ini. Intinya secara kooperatif akan disampaikan dan kami pun menyambut baik akan aspirasi nya. Sebelumnya dari awal tidak ada yang tidak diperbolehkan pengelolaan dikawasan hutan, semua itu ada prosedurnya dan yang tidak diperbolehkan itu pengelolaan ilegal,”jelasnya.

Menurutnya, mungkin ada indikasi masyarakat yang merasa memiliki lokasi yang sedang dikelola PT Watana Segar Alam ini. Kalaupun ada masyarakat yang merasa memiliki lahan dalam kawasan hutan dan dibuktikan surat kepemilikan, kemudian bukti di lapangan dan kewajiban seperti PBB mereka bisa mengklaim lahan tersebut untuk diverifikasi.

“Artinya dengan itu semua mereka bisa diakomodir dengan bukti dokumentasi ataupun bukti kepemilikan lahan tersebut sah,” ujar Bambang.

Pantauan, aksi unjuk rasa berjalan kondusif dan dipersilahkan perwakilan masyarakat dari Desa Rebo untuk bermediasi diruang KPHP Kota Waringin.(rul/kbc)

About kabarbabel 2024 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.