Kades Cit Jadi Tersangka, Bupati Bangka : Jadi Pelajaran Bagi Kita Semua

Bupati Bangka Mulkan,SH,MH. Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Kepala Desa Cit AD, resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Penegakan Hukum Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK).

AD disebut menghalangi penindakan ataupun penyelidikan tambang ilegal di Desa Cit, Kecamatan Riausilip beberapa waktu lalu.

Menanggapi itu, Bupati Bangka Mulkan menilai, menjadi pelajaran untuk semua bahwa sebagai pemangku jabatan jangan seperti menginterpensi. Apalagi menyangkut masalah hukum.

“Semestinya kita memberikan suatu kebebasan kepada pihak-pihak yang memang benar secara kompeten dan tentunya yang memiliki hak koorperatif,” kata Mulkan di rumah dinas bupati, Senin (6/7).

Meski demikian, Mulkan mengatakan, sepenuhnya akan menyerahkan hal tersebut ke hukum.

“Yah kita serahkan sepenuhnya kepihak hukum kabupaten seperti apa keterlibatan-keterlibatan ataupun apa yang dilakukan Kades Cit tersebut. Karena semua warga negara itu berhak di mata hukum,” tambahnya.

Mengenai pendampingan hukum kata dia, Pemkab Bangka akan melakukan pendampingan. Kades Cit juga ucap Mulkan, merupakan perangkat dari pemerintah daerah.

“Kalau diperlukan untuk pendampingan dari Pemerintah Daerah nanti kita dampingkan. Karena kades merupakan perangkat kita juga di Pemerintahan Daerah. Kades Cit itu baru tersangka, belum berarti terdakwa sebelum adanya penetapan secara ingkrah,” ucapnya.(rul/kbc)

About kabarbabel 2198 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.