AD Masih Kades Cit, Belum Diberhentikan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Thony Marza. Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Gakkum KLHL, AD sampai saat ini masih menjabat sebagai Kepala Desa Cit, Riau Silip, Kabupaten Bangka.

Kepala Dinas Pemerintah Desa (Kadinpemdes) Kabupaten Bangka Thony Marza menjelaskan, ada mekanisme dalam pemberhentian kepala desa. Hal ini merujuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Nomor 11 tahun 2015.

“Maka mekanisme untuk pemberhentian kades apabila tersangkut masalah hukum baru bisa diberhentikan jika sudah mempunyai hukum tetap,” kata Thony, Senin (6/7).

Sehingga sambung Thony, hingga kini AD masih tetap menjadi kepala desa meski sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Jadi dengan kasus Kades Cit Kabupaten Bangka yang dikatakan menghalang-halangi proses penyidik tersebut, maka pemberhentian kades ketika sudah ditetapkan melalui keputusan pengadilan yang berkuatan hukum tetap. Jadi untuk sementara ini statusnya masih tetap sebagai kades,” ujar Thony

Thony juga menyampaikan, pihaknya tetap menghormati proses hukum sebagaimana mestinya. Mengenai pendampingan hukum nanti, akan berkonsultasi dengan bagian hukum.

“Karena kalau di aparatur Pemerintahan maupun aparatur Desa yang berhak memutuskan pendampingan hukum tersebut adalah bagian hukum,” katanya.

Sebelumnya, Gakkum KLHK kembali menetapkan satu tersangka atas kejahatan tambang timah ilegal di Hutan Produksi Mapur Bangka.

Kali ini, penyidik menetapkan AD (51) Kades Desa Cit Kecamatan Riausilip Bangka sebagai tersangka karena menghalangi operasi penindakan dan penyidikan tambang illegal.(rul/kbc)

About kabarbabel 2245 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.