Warga Ini Keluhkan Aktivitas Tambang Timah di Belakang Rumah

Aktivitas tambang yang beroperasi di Lingkungan Kim Hin, Kelurahan Surya Timur Sungailiat, Kabupaten Bangka. Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Belasan tambang timah ilegal jenis apung beroperasi tak jauh dari jalan raya di Lingkungan Kim Hin, Kelurahan Surya Timur Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Menurut Angiat, warga sekitar menjelaskan, tambang timah jenis apung ini awalnya satu dua ponton saja,tetapi semakin hari bertambah ramai hingga mencapai belasan ponton apung.

“Dulunya lahan itu merupakan warisan dari orang tua dan sudah dibagikan kepada anak-anaknya,” kata pemilik lahan yang merasa dirugikan, Angiat.

Selain itu, dari mulainya aktifitas tambang timah tersebut tentu sangatlah berisik dan menganggu terutama disaat santai keluarga. Apalagi mereka itu tidak pernah minta izin atau basa basi, tetapi hanya bilang sama keluarga sebelah rumah saja.

“Kadang-kadang mereka (penambang) itu beraktifitas sampai malam bahkan bisa sampai pukul 7 dan 8 malam. Saya juga sudah melaporkan hal ini kepada kaling setempat, namun Kaling menyarankan untuk diskusi dahulu dengan pihak keluarga yang mana masih tetangga rumah,” ungkapnya.

Dikatakannya, aktifitas tambang tersebut ditakutkan terdampak banjir akan luapan curah air hujan sebab lokasi itu rendah dan dekat aliran DAS.

“Tadi juga ada kedatangan dari intansi sekitar 4 atau 5 orang dan Kami sudah sepakat bahwa hari Rabu ini (01/07) tambang timah apung tersebut akan diberhentikan dan dibongkarkan oleh pihak maupun aparat terkait,”harapnya

Disamping itu,lahan yang sedang digarap tambang timah itu,sebelumnya ada bekas bangunan rumah kecil dari sang Adik (alm) yang sudah roboh.

“Lahan tersebut sudah beberapa kali dilakukan penambangan timah,namun Saya sendiri tidak pernah mendapat apapun termasuk FI. Jadi dari aktifitas tambang timah tersebut,sedikit atau sepeserpun tidak pernah ku dapati,” tutupnya.(rul/kbc)

About kabarbabel 2051 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.