Keberanian Satpol PP Bangka Diuji Pada Tambang Kim Hin

Aktivitas tambang yang beroperasi di Lingkungan Kim Hin, Kelurahan Surya Timur Sungailiat, Kabupaten Bangka. Foto : Hairul/Kabarbabel.com

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Keberanian Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka untuk menertibkan tambang ilegal di Lingkungan Kim Hin, Kelurahan Surya Timur Sungailiat, Kabupaten Bangka saat ini diuji.

Pasalnya, hingga saat ini, meski sudah mendapat keluhan warga, aktivitas tambang masih terus beroperasi.

Plt Kasat Pol PP Kabupaten Bangka Kusyono dikonfirmasi menjelaskan, tadi pagi (30/06), pihaknya sudah mendatangi lokasi tambang untuk dilakukan penertiban.

“Tadi pagi, tim Satpol PP Kabupaten Bangka yang dipimpin oleh Kasi Ops dan Danton sudah pergi ke lokasi tambang yang dimaksud untuk dilakukan penertiban,” kata Kusyono, Selasa (30/06).

Sampai di lokasi kata Kusyono, para penambang meminta tempo atau waktu lagi sampai hari Kamis (02/07) nanti.

“Berdasarkan laporan dari Anggota Satpol PP tadi itu, karena alasan mereka (penambang) tersebut masih tanggung hingga minta waktu lagi. Mungkin karena masih persuasif, hingga anggota pun memberikan waktu kelonggaran lagi,” ungkapnya.

Disinggungn terkait kebijakan Anggota Satpol PP dalam memberi kelonggaran waktu tersebut, Kusyono menjawab, mungkin adanya pembicaraan ataupun pertimbangan lainnya.

“Jadi hari Kamis (02/07) nanti, kami akan lakukan pemantauan lagi terkait aktifitas tambang timah jenis apung tersebut,terutama kepada Anggota Satpol PP yang bertugas di lapangan tadi. Intinya aktifitas tambang timah tersebut haruslah ditutup,” tegasnya.

Sementara, Bupati Bangka Mulkan mengaku belum mendapat kabar terkait aktivitas tambang tersebut. Meski demikian ditegaskannya, jika ada keresahan masyarakat maka siap mengambil tindakan.

“Kita belum dapat kabar. Kan ada perangkat daerah kita dibawah. Sampai saat ini kita belum dapat laporan. Ya nantilah kita lihat. Kalau ada laporan, kita tidak ingin Bangka suatu ada keresahan sesuai tagline kita Bangka Setara, Nyaman Bersama,” tutupnya.(rul/kbc)

About kabarbabel 2241 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.