Relawan Peduli Bangsa Sosialisasi Penegakan Disiplin di Kecamatan Pemali

Sosialisasi penegakan disiplin oleh Relawan Peduli Bangka di Kecamatan Pemali, Kamis (25/6). Foto : Hairul/Kabarbabel.com

PEMALI, KABARBABEL.COM – Relawan Peduli Bangsa (RPB) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 wilayah Kabupaten Bangka kembali melakukan sosialisasi penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

Kali ini, sosialisasi digelar di Kantor Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Kamis (25/06).

Koordinator Relawan Peduli Bangsa Budi Firmansyah menyampaikan, sosialisasi di Kecamatan Pemali adalah sosialisasi kesekian kali yang dilakukan. Sebelumnya, sosialisasi dilakukan di Kecamatan Merawang dan Sungailiat.

“Penyuluhan dan sosialisasai tentang disiplin protokol kesehatan Covid-19 yang dilakukan ini merupakan salah satu cara yang dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Bangka Belitung dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Bangka,” kata Budi usai sosialisasi di kantor Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Kamis (25/06).

Sosialisasi ini sambung dia, dilakukan supaya masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka dapat semakin siap memasuki era New Normal di masa pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, pemerintah juga sudah mengacu pada Surat Keputusan Menteri yang sudah mulai mengarah demikian, tentunya disesuaikan dengan daerah provinsi maupun kabupaten.

“Kegiatan sosialisasi ini mengingatkan beberapa hal, seperti yang sudah disampaikan pihak Dinas Kesehatan Provinsi maupun kabupaten sebelumnya. Namun kali ini dilakukan seperti di kantor-kantor, tempat umum, pelayanan dan sebagainya,” jelasnya.

Disamping itu, dalam kegiatan sosialisasi kali ini, Relawan Peduli Bangsa memberikan stiker disiplin protokol covid-19 sebagai tanda untuk mengatur jarak saat memasuki ruangan.

“Dari standarnya juga, setiap aktifitas apapun haruslah dengan adanya jaga jarak. Sehingga adanya upaya menghindari dari suatu aktifitas tersebut akan terpaparkan dari covid-19. Penempelan stiker disiplin covid-19 tersebut sekaligus lebih condrong untuk mengajak saling berkoordinasi dengan semua pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat,” ujar Budi.

Sekretaris Kecamatan Pemali Wistony Claus mengatakan standar dari disiplin protokol kesehatan covid-19 ini sangatlah wajib dilakukan, karena menyangkut keamanan kesehatan secara bersama.

“Dengan adanya sosialisasi dari Tim RPB GTPP Covid-19 Kabupaten Bangka ini, Kita akan melaksanakan bersama petugas yang memang paten dalam hal ini. Supaya masyarakat yang berkeperluan, khususnya di Kantor Kecamatan Pemali ini dapat berdisiplin dan tidak secara bergerombolan memasuki ruangan kantor,” katanya.

Dikatakannya, yang mana disetiap ruangan akan diberikan jarak dengan pertanda stiker sesuai dengan batas jarak yang telah ditentukan sebelumnya.

“Masyarakat yang berkepentingan harus memakai masker, namun jika tidak maka yang bersangkutan tersebut tidak diperbolehkan masuk kantor Kecamatan Pemali. Sebelum memasuki ruangan kantor, yang bersangkutan akan di tes suhu tubuh. Ketika suhu tubuh diatas 37 derajat, maka yang bersangkutan dipersilahkan menundakan kepentingannya dan dipulangkan untuk beristirahat,”ujar Wistony. (rul/kbc)

About kabarbabel 2195 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.