Ini Alasan Riding Panjang dan Romodong Jadi Kampung Tegep Mandiri

Kapolsek Belinyu AKP Ricky Dwiraya Putra S.Ik. Foto : dok pribadi

BELINYU, KABARBABEL.COM – Desa Riding Panjang dan Kelurahan Romodong ditetapkan sebagai Kampung Tegep Mandiri di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Hal ini lantaran Desa Riding Panjang merupakan pintu masuk dari Kecamatan Belinyu. “Sementara Kelurahan Romodong kita tetapkan sebagai Kampung Tegep Mandiri karena ada objek wisata,” jelas Kapolsek Belinyu AKP Ricky Dwi Raya Putra, S.Ik saat ditemui di posko, Selasa (23/6).

Ricky menyampaikan, Kampung Tegep Mandiri didirikan selama ada pandemi Covid-19. Dimana, setiap warga yang masuk ke Kecamatan Belinyu akan dicek protokol kesehatan. Mulai dari suhu tubuh, penggunaan masker dan lainnya.

“Kampung Tegep Mandiri adalah membentuk Kampung Siaga Covid-19 disetiap desa, kelurahan untuk melaksanakan sosialisasi terkait Covid-19. Juga memonitoring terkait ODP, PDP yang melakukan isolasi mandiri,” bebernya.

Melalui Kampung Tegep Mandiri ini sambung Ricky, masyarakat juga berkomitmen dalam mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing.

Senada, Camat Belinyu Syarli Nopriansyah menjelaskan, Desa Riding Panjang sebagai pintu masuk dari kecamatan layak menjadi Kampung Tegep Mandiri. Sedangkan Kelurahan Romodong lantaran menjadi tempat wisata. Dimana, posko dapat dijadikan filter bagi wisatawan.

“Romodong hari Sabtu dan Minggu mulai dibuka. Dengan ada posko maka dapat jadi filter,” ujarnya.

Syarli juga mengapresiasi keberadaan Kampung Tegep Mandiri. Menurutnya, ini menjadi terobosan yang baik bagi Belinyu dalam menangani Covid-19.

“Ini juga menjadi motivasi bagi desa dan kelurahan lainnya yang ada di Kecamatan Belinyu untuk menangani Covid-19 secara bersama-sama,” ujar seraya menegaskan, pihaknya siap membantu Polsek Belinyu dalam mensukseskan Kampung Tegep Mandiri.(rul/kbc)

About kabarbabel 2245 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.