Warga Air Anyut Minta Data Ulang Penerima BLT

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Puluhan warga Lingkungan Air Anyut, Kelurahan Kuday, Kecamatan Sungailiat melakukan unjuk rasa di depan Kantor Lurah Kuday, Kamis (11/6).

Koordinator aksi Revaldi menegaskan, aksi tersebut dilakukan lantaran warga setempat menilai pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) tidak tepat sasaran. Untuk itu, Revaldi meminta untuk dilakukan pendataan ulang terhadap BLT.

“Janda anak dua ngontrak, orang yang lagi sakit mereka tidak dapat bantuan. Kami ingin didata ulang, jangan pakai data lama, kalau data yang meninggal juga masih ada,” sesal Revaldi.

Untuk itu, pihaknya meminta adanya kejelasan dari pihak pemerintah setempat terkait pembagian BLT tersebut.

“Satu lingkungan Jelutung saja bisa sampai 300 lebih KK yang dapat, sedangkan Air Anyut ini satu kelurahan Kuday hanya 158 KK yang dapat. Kami minta kejelasan dari pemerintah,” tegasnya.

Sementara, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan Kuday Darmawan menjelaskan, pihaknya hanya mengajukan data dan yang berhak mengeluarkan data tersebut adalah Kementerian Sosial. Di Kelurahan Kuday yang berhak mendapatkan BLT ada 158 KK.

“Data awal yang kita ajukan itu sekitar 206 KK diluar DTKS, PKH dan BPNT. Maka setelah diajukan BLT itu ada 70 KK, setelah itu kita ajukan lagi ke dinas sosial sebanyak 300 KK, makanya pas penerimaan DTKS itu sekitar 80 KK, dan untuk penerimaan BLT itu hanya 158 KK untuk Kelurahan Kuday,” jelasnya.

“Sebenarnya yang protes itu mereka sudah mendapat bantuan sembako, tapi kemarin ada pengajuan lagi ke provinsi sebanyak 50 orang dan Bansos 50 orang untuk bantuan sembako. Data itu kami ajukan ke dinas sosial, lalu dilanjutkan ke provinsi, dan provinsi ajukan ke kementerian sosial, makanya mereka yang mengeluarkan data itu. Kita tidak bisa berbuat apa-apa,” tandasnya.(rul/kbc)

About kabarbabel 2062 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.