Pemprov Babel Imbau Umat Muslim Laksanakan Salat Idulfitri di Rumah Masing-masing, Sesuai Arahan Menkopohulkam

Ilustrasi salat Idulfitri di lapangan. Net

PANGKALPINANG, KABARBABEL.COM – Pemprov Babel mengimbau umat muslim untuk melaksanakan salat Idulfitri 1441 Hijriyah di rumah masing-masing. Imbauan ini terkait belum berakhirnya masa pandemi Covid-19.

Sebelumnya Pemprov Babel mendapatkan arahan dari Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia (RI) terkait pelaksanaan salat ied.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Babel Andi Budi Prayitno menyebutkan, Gubernur Babel Erzaldi Rosman memberi arahan agar masyarakat untuk melaksanakan salat ied di rumah.

Pria yang akrab disapa ABP menambahkan, Babel saat ini mendekati zona hijau Covid-19, untuk mewujudkan Babel hijau perlu kesadaran masyarakat untuk tidak mengadakan keramaian.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk shalat di rumah, kemudian kalau misalnya masyarakat ingin melaksanakan salat di masjid, sebisa mungkin dipastikan di luar ruangan, bisa di lapangan bisa atau di jalan raya,” kata ABP, Selasa (19/5/2020).

Ia meminta pengurus masjid untuk menginformasikan kepada jamaah agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Diantaranya yakni menyiapkan tempat cuci tangan dengan sabun.

“Kemudian jamaah menggunakan masker, menjaga jarak shaf sholat antara 1,5 hingga 2 meter, artinya jangan berdekatan, durasi juga maksimal 30 menit,” jelas ABP.

Selain itu ia juga mengimbau pelaksanaan salat agar tidak memakan waktu yang lama serta tidak berjabat tangan usai salat. Hal tersebut sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Cukup membaca ayat pendek dan khotbah singkat, usai sholat tidak ada salam-salaman jabat tangan, tidak bersentuhan ini, ini salah satu upaya untuk mencegah penyebaran dan memutus mata rantai virus ini,” tandas ABP. (red/kbc)

About kabarbabel 2044 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.