Peneliti UGM Sebut Tanah Eks Tambang di Bangka Sangat Miskin Unsur Hara

Sekretaris Teknik Pertanian dan Biosistem UGM Murtiningrum.

SUNGAILIAT, KABARBABEL.COM – Tanah eks tambang di Kabupaten Bangka sangat miskin unsur hara. Hal ini menyebabkan tanah tersebut sudah tidak subur lagi dan susah ditumbuhi tanaman.

Fakta ini terungkap setelah tim peneliti dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Austria, melakukan riset terkait reklamasi eks tambang bersama Dinas Pertanian  Kabupaten Bangka.

Penelitian dimulai di Kelurahan Sinarjaya Jelutung, Sungailiat. Sekretaris Teknik Pertanian dan Biosistem UGM Murtiningrum mengatakan tanah bekas tambang ini tidak subur lagi bagi tanaman.

“Tanah bekas tambang ini tinggal mineral saja, sudah tidak subur lagi. Jadi tidak ada lagi bahan organiknya, bahkan sangat miskin sekali unsur hara terus strukturnya sudah tidak mengikat air. Sudah tidak bagus,” jelas Murtiningrum, Selasa (30/7/2019).

Penelitian yang dilakukan ini juga untuk mengetahui apa penyebab tanah bekas tambang menjadi tidak subur. Sehingga bisa ditemukan solusi proses pengembalian unsur tanah kesemula.

Ia menjelaskan, proses tersebut tidak memerlukan peralatan yang modern dan canggih, karena lebih akan menggunakan bahan material yang mudah untuk didapatkan.

“Kami berharap untuk bisa melakukan reklamasi mengembalikan tanah kesemula yang bisa digunakan untuk lahan pertanian. Produksi yang akan kita gunakan nanti tidak canggih banget, tapi kita pakai material-material dari lingkungan sekitar seperti komfos, serbuk gergaji, arang dan lain-lain,” papar Murtiningrum.

Ia berharap Dinas Pertanian Kabupaten Bangka dapat mensosialisasikan penelitian ini kepada masyarakat. Pihaknya bersama Dinas Pertanian, juga melibatkan para petani secara langsung untuk bersama-sama dalam proses penelitian serta reklamasi.

“Kita riset action. Penelitian ini kami lakukan bersama dengan petani langsung dalam pengolahannya. Itu agar mereka (petani) juga cepat mengerti dan tahu prosedurnya,” tandas Murtiningrum. (agt)

About kabarbabel 2024 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.