Dinilai Sebagai Puskesmas Terbaik, Puskesmas Ini Wakili Kabupaten Bangka Bersaing di Tingkat Provinsi

MERAWANG, KABARBABEL.COM – Puskesmas Baturusa, Merawang dinilai sebagai puskesmas pedesaan terbaik di Kabupaten Bangka. Puskesmas ini akan mewakili Kabupaten Bangka bersaing menjadi puskesmas terbaik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Terpilihnya Puskesmas Baturusa ini setelah dilaksanakan penilaian di tingkat Kabupaten Bangka. Pada tingkat provinsi, ada tiga kategori penilaian puskesmas terbaik. Yaitu, puskesmas perkotaan, puskesmas pedesaaan, dan puskesmas daerah terpencil.

Dilansir kabarbabel.com dari situs resmi Pemkab Bangka bangka.go.id, Kabupaten Bangka mengirimkan perwakilan Puskesmas Baturusa sebagai puskesmas pedesaan dan Puskesmas Belinyu untuk kategori puskesmas perkotaan.

“Ini merupakan hari ketiga kami melakukan penilaian puskesmas yang ada di Provinsi Bangka Belitung, nantinya yang terbaik akan menjadi perwakilan Bangka Belitung di tingkat Nasional. Pada prinsipnya kami akan terus melakukan pembinaan agar pelayanan di puskesmas makin baik kedepannya,” ujar Hermain selaku ketua Tim Penilaian.

Saat ini Kabupaten Bangka memiliki 12 puskesmas dan 3 rumah sakit. Hal tersebut merupakan upaya yang dilakukan Pemkab Bangka untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan mewujudkan visi misi Kabupaten Bangka, yaitu sejahtera dan mulia.

“Kami selaku Pemkab Bangka menyambut baik kegiatan ini. Tujuan dilakukan kegiatan ini untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan kemampuan para medis dalam melakukan tugasnya dan melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan,” ujar staf ahli bidang politik Kabupaten Bangka, Damawi.

Sebagai profil Puskesmas Baturusa yang disampaikan Tafwid Kepala Puskesmas, memiliki 56 pegawai dan saat ini sudah terakreditasi utama. Beberapa inovasi unggulan dilaksanakan seperti rumah penimbangan balita siaga, daftar pasien Dengan Antrian Elektronik (Dasi Antik), akupresure untuk mengurangi ketergantungan rokok dan lain-lain.

“Kami melakukan inovasi sejak 2016 hingga sekarang dengan membuat rumah penimbangan balita siaga yang terbuka 24 jam dan hingga kini sudah tersedia 11 rumah, selain itu kami rutin melakukan screning kesehatan dengan mendatangi lokasi keramaian,” ujar Tafwid. (kbc)

About kabarbabel 2051 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.