Relasi KPU Bangka Sosialisasikan Pemilu Kepada Siswa SLB Sungailiat

Ketua Relasi Segmen Disabilitas Kabupaten Bangka, Suharga mengajarkan cara mencoblos kepada siswa disabilitas SLB Sungailiat, Selasa (29/1/2019). (Foto: Hendry/kabarbabel.com)

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Relawan Demokrasi (Relasi) yang telah ditetapkan oleh pihak KPU Bangka beberapa waktu lalu, kini sudah memulai tugas pertamanya dalam bersosialisasi. Relasi segmen disabilitas Kabupaten Bangka ini, bersosialisasi di Sekolah Luar Biasa (SLB) Sungailiat, Selasa (29/1/2019).

Divisi SDM dan Parmas KPU Bangka, Hartati mengatakan, kegiatan sosialisasi terhadap siswa pemilih pemula yang ada di sekolah SLB Sungailiat karena siswa itu akan melaksanakan pencoblosan pada pemilu 17 April mendatang.

Ia memaparkan, para siswa disabilitas ini nantinya akan dilakukan pendampingan pada hari pencoblosan oleh pihak Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di daerah masing-masing.

“Kami akan menugaskan dalam hal ini KPPS pada proses pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) daerahnya nanti, atau bisa juga dari pihak keluarganya maupun kerabat lainnya. Yang jelas mereka harus didampingi,” tukasnya.

Sementara, Ketua Relawan Demokrasi Segmen Disabilitas Kabupaten Bangka, Suhargo mengatakan, dalam bersosialisasi yang dibantu oleh guru SLB Sungailiat. Pihaknya masih kesulitan dalam berinteraksi kepada siswa disabilitas yang ada di SLB Sungailiat.

“Kita kesulitan dalam berinteraksinya, tapi Alhamdulillah kita juga mendapat bantuan dari guru – guru yang ada di sini,” ucap Suhargo.

Ia terangkan, untuk konteks yang masih dalam kawasan sekolah, pihak Relasi ini masih terbilang cukup aman dalam bersosialisasi kepada pihak disabilitas. Akan tetapi, jika sudah masuk kawasan desa, diperkirakan akan mengalami kesulitan lebih dari ini.

“Itu yang masih kami pikirkan pada tahapan berikutnya. Cuma kalau ini tahapan awal, saya rasa untuk kesulitan seperti itu sudah sebagian dari tugas kami di segmen disabilitas ini,” ujarnya.

Dalam hal ini, pihak Relasi punya cara khusus dalam menangani penyandang disabilitas yang ada di SLB Sungailiat. Karena menurutnya, disabilitas dengan orang umum lainnya sangat berbeda dalam melakukan penanganan dalam bersosialisasi.

“Kami tidak mengajak mereka berpemilu ataupun berpolitik, tapi kami mengajak mereka berpesta demokrasi. Ketika dengar kata pesta, mungkin mereka bisa mengira bahwa itu sangat meriah. Sehingga mereka bisa hadir pada tanggal 17 april nanti,” tutupnya. (m4).

About kabarbabel 2058 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.