Parpol Dapat Jatah Kampanye Rapat Umum 5 Kali Tiap Dapil

Ketua KPU Bangka, M Hasan bersama Ketua Bawaslu Bangka, Corri Ikhsan mengambil undian untuk menetapkan jadwal Kampanye Rapat Umum, di Hotel Manunggal, Selasa (29/1/2019). (Foto: Hendry/kabarbabel.com)

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka menetapkan jadwal kampanye rapat umum untuk 15 Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Bangka. Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Bangka, M Hasan saat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam persiapan kampanye rapat umum Pemilu 2019, di Hotel Manunggal Sungailiat, Selasa (29/1/2019).

Ia mengatakan, pihak KPU Bangka telah menetapkan jadwal kampanye rapat umum kepada Parpol dalam Pemilu 2019. Dalam ketetapan tersebut, pihaknya telah menyediakan kuota kampanye untuk masing – masing parpol sebanyak 5 kali di 4 Daerah Pemilihan (Dapil).

“Jadi, setiap Parpol sudah kami jadwalkan mendapat jatah 5 kali kampanye rapat umum. 4 kali pada Dapil masing – masing, dan 1 kali free (bebas) pada dapil manapun,” ucap Hasan.

Ia memaparkan, ketentuan tersebut tidak terkecuali bagi Parpol yang tidak lengkap pada Dapilnya. Pasalnya, terdapat 2 Parpol yang tidak mengisi seluruh Caleg dari 4 Dapil di Kabupaten Bangka. Yakni, Garuda yang hanya terdapat 3 Dapil dan PKPI hanya terdapat 1 Dapil.

“Walaupun ada atau tidak ada Caleg pada Dapil tertentu, tetap kita masukan dalam jadwal seperti itu. Kami akan sama rata membagikan jadwal kampanye rapat umum ini,” jelasnya.

Sementara, Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Bangka, Hartati mengatakan penetapan jadwal Kampanye Rapat Umum nantinya di mulai dari tanggal 24 Maret 2019 sampai dengan 13 April 2019, dengan 1 hari libur pada 3 April 2019 dalam perayaan Isra’ Miraj.

“Kita lakukan sebanyak 21 hari sesuai tanggal yang ditentukan kepada tiap Parpol yang masing – masing mendapatkan jatah 5 kali berkampanye. Nantinya, dalam sehari itu akan ada 4 Parpol yang melaksanakan Kampanye secara bersamaan pada tiap Dapil,” ujarnya.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka, Corri Ikhsan menyebutkan, pihaknya hanya memenuhi undangan dari KPU Bangka saja. Sedangkan ketentuan dari perancangan Kampanye Rapat Umum itu murni ditetapkan oleh KPU Bangka.

“Sehubungan ditetapkan jadwal penetapan Kampanye Rapat Umum itu, kami Bawaslu hanya ingin memastikan saja seluruh Parpol itu memiliki hak yang sama. Jadi tidak ada diskriminasi antar seluruh Parpol nantinya,” tukas Corri.

Dikatakan Corri, pihak Bawaslu Bangka tetap mengikuti keputusan rapat, walaupun pada kegiatan pihak Bawaslu telah memberikan pertimbangan serta masukan KPU Bangka terhadap rancangan yang telah ditetapkan.

“Kami hanya ingin hak para Parpol terpenuhi dan berlandaskan keadilan saja bagi seluruh Parpol. Jadi setelah kegiatan ini, saya harap tidak ada keributan dikemudian hari terkait keputusan hari ini,” pungkasnya. (m4).

About kabarbabel 2399 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.