Tidak Ingin Hanya Seremonial, Erzaldi akn Data Penanaman Pohon

Gubernur Provinsi Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat diwawancarai wartawan selepas kegiatan penanaman pohon di Bukit Sak Buk, Desa Rebo, Sungailiat, Senin (14/1/2019). (Foto: Hendry/kabarbabel.com)

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Dalam kegiatan penanaman 1.000 pohon yang dilakukan oleh Yayasan Bangka Alam Lestari (BAL) di kawasan Bukit Sak Buk, Desa Rebo, Senin (14/1/2019). Gubernur Provinsi Babel, Erzaldi Rosman Djohan meminta agar kegiatan tersebut tidak hanya bersifat seremonial saja.

Erzaldi menyatakan kepada pihak Yayasan BAL selaku pelaksana penanaman serta penghijauan pohon di Desa Rebo ini, nanti akan dilakukan rekapitulasi data setiap tahun. Rekapitulasi data tersebut akan dilakukan oleh Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Babel.

“Tentunya saya tidak mau kegiatan ini hanya bersifat seremonial saja. Saya ingin tahu setiap tahunnya nanti dari Dishut Babel, jumlah yang ditanamkan berapa, dan hasil yang hidup berapa,” tegas Erzaldi saat diwawancarai wartawan.

Erzaldi menyatakan, selama ini kegiatan penanaman pohon yang dilakukan pihak – pihak lain, kebanyakan hanya sebatas menanam saja, tidak melanjutkan pemeliharaan kedepan.

Sementara, pihak Yayasan BAL yang bekerja sama dengan Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Provinsi Babel ini, telah membuat inovasi berupa kompos block yang berfungsi memberi makanan kepada tumbuhan secara otomatis selama kurang lebih 2 tahun.

“Artinya, tidak perlu di pupuk lagi, karena sudah otomatis. Jadi, langkah pemeliharaannya, Ibu Ahung juga telah menyediakan pos di sini bersama masyarakat untuk mengurus hutan ini,” ujarnya.

Erzaldi juga turut mengapresi kepada pihak Yayasan BAL, karena kepeduliannya terhadap lingkungan Kabupaten Bangka. Ia menilai, pihak yayasan sangat serius dalam melaksanakan penanaman hutan kembali ini.

“Saya sangat mengapresiasi pihak Ibu Ahung ini. Begitu seriusnya mereka sampai – sampai bibit trembesi yang akan ditanam di sepanjang jalan Lintas Timur itu, kini sudah didatangkan sebanyak 5000 batang yang tingginya lebih dari 1 meter,” pungkas Erzaldi. (m4).

Caption: Gubernur Provinsi Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat diwawancarai wartawan selepas kegiatan penanaman pohon di Bukit Sak Buk, Desa Rebo, Sungailiat, Senin (14/1/2019). (Foto: Hendry/kabarbabel.com)

About kabarbabel 2422 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.