Perahu Nelayan Tersambar Petir Saat Melaut, Sang Kapten Luka Terbakar

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Sebuah kapal penangkap ikan yang dikemudikan Rusman, warga Nelayan II Sungailiat, membawa 6 orang Anak Buah Kapal (ABK), hendak pergi melaut untuk mencari ikan tersambar petir. Sekitar pukul 07.00 WIB, kapal tersebut tersambar petir mengakibatkan Rusman tak sadarkan diri, saat melaut di Perairan Pantai Tuing, Kamis (10/1/2019).

Salah seorang ABK yang ikut serta dalam kejadian, Nasir mengatakan, petir awalnya menyambar sebuah alat komunikasi kapal yang berada di bagian atas kabin kapal. Rusman sang kapten kapal pada saat mengemudi, tiba – tiba terpental ke belakang, akibat tersambar petir.

“Kami semua ABK sedang tidur – tiduran di depan kapten. Lalu kami terkejut saat petir menyambar kami, seperti bunyi bom. Pada saat itu kapten yang memegang kemudi yang terbuat dari stainless steel terpental ke belakang,” imbuhnya.

Ia menyebutkan, Rusman mengalami luka bakar yang cukup serius pada bagian badan sebelah kiri, pendarahan di telinganya, hingga tidak sadarkan diri. Sedangkan, beberapa ABK mengalami luka lecet akibat serpihan kaca yang pecah dan mengalami gangguan pada telinganya yang membuat susah mendengar.

Beruntung petir tersebut hanya menyambar bagian alat komunikasi saja, sehingga mesin kapal tidak ikut rusak. Dengan keadaan panik, seluruh ABK membawa kapal tersebut kembali ke daratan untuk memberikan pertolongan kepada sang Kapten.

“Kami semua panik tentunya, untunglah mesin kapal tidak ikut rusak, hanya menyambar bagian alat kontak saja. Sekitar jam 8 pagi, beliau sudah kami bawa ke RS. Medika Stania, Sungailiat, dengan bantuan beberapa nelayan di pelabuhan,” tutur Nasir.

Saat ini Rusman sedang dilakukan perawatan intensif di RS Medika Stania Sungailiat. Pantauan kabarbabel.com, Rusman sudah sadarkan diri walaupun masih merasa kesakitan akibat luka bakar yang dialaminya. Sedangkan ABK yang terluka , dibawa ke RS Arsani, Sungailiat, untuk dilakukan pengecekan pendengarannya lewat dokter spesialis THT. (m4).

About kabarbabel 2024 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.