Natal 2018, 9 Warga Lapas Sungailiat Dapat Remisi

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sungailiat memberikan remisi kepada 9 orang warga binaan agama kristiani, dalam peringatan Hari Raya Natal 2018, di Gedung Serba Guna Lapas kelas IIB Sungailiat, Rabu (26/12/2018).

Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun ini juga mengizinkan kepada 9 orang warga binaan yang akan mendapatkan remisi ikut merayakan Natal bersama jemaat kristiani dari GBI Air Merapin Sungailiat.

“Di sini, kami beri kesempatan kepada para tahanan untuk memenuhi hak mereka dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya. Sehingga, saat mereka dibebaskan nanti, dapat berguna bagi masyarakat tentunya,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Lapas kelas IIB Sungailiat, Al Ihsan.

Ihsan menyatakan, tidak hanya pada perayaan hari besar saja yang dirayakan rutin setiap tahun di Lapas ini, tetapi para jemaat GBI Air Merapin tersebut, selalu datang setiap satu kali dalam seminggu untuk melaksanakan ibadah kecil – kecilan bersama para tahanan yang beragama kristen di Lapas Kelas IIB Sungailiat.

“Seminggu sekali tepatnya pada hari Rabu, mereka selalu datang ke sini untuk melaksanakan ibadah bersama warga tahanan kami yang berasal dari kaumnya. Kami tidak melarang mereka untuk beribadah. Bahkan, kami memfasilitasinya,” ucap Ihsan kepada wartawan.

Tetapi ia katakan, pihaknya tetap menerapkan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan. Sehingga, kegiatan apapun akan dibatasi sampai waktu yang telah ditentukan oleh pihak Lapas.

“Kami juga memiliki kegiatan untuk para tahanan seperti apel penghuni dan pertukaran regu dengan waktu yang telah ditentukan sesuai SOP kami. Jadi, pelaksanaan seperti ini tentunya harus pada waktu dan hari tertentu saja,” ucap Ihsan.

Dalam kegiatan ini, dirinya sempat bertemu jemaat GBI Air Merapin yang ia yakini dulunya merupakan seorang narapidana di Lapas Kelas IIB Sungailiat. Kini telah menjadi jemaat yang aktif dalam kegiatan umat kristen tersebut.

“Itu artinya pembinaan kami bersama GBI Air Merapin selama ini berpengaruh besar terhadap para tahanan di sini. Saya harap, mereka yang telah berubah pada kebaikan tidak terjerumus pada kejahatan lagi,” tutupnya. (m4).

About kabarbabel 2239 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.