Dituntut Satu Tahun Enam Bulan, Sidang Pledoi H Mukhdi Ditunda

Suasana sidang dengan terdakwa H Mukhdi. (Foto : Aldhie/www.kabarbabel.com

TANJUNGPANDAN, www.kabarbabel.com – Sidang dengan terdakwa H Mukhdi yang dijadwalkan Kamis (27/12/2018) di PN Tanjungpandan kembali ditunda. Persidangan dengan terdakwa kasus keterangan palsu dalam akta otentik ini seharusnya mengagendakan pembacaan pledoi oleh terdakwa.

Penundaan sidang bukan hanya kali ini saja, sebelumnya pada pekan lalu, sidang juga ditunda. Namun kali ini sidang kembali ditunda karena penasihat hukum terdakwa belum siap membacakan nota pembelaan. Sidang ini akan kembali digelar pada awal tahun depan.

“Kami meminta sidang ditunda,” ujar H Mukhdi di depan Ketua Majelis Hakim Hari Supriyanto dan Hakim Anggota Mahendra Adhi Purwanta dan Andi Bayu Mandala Putera.

Hari Supriyanto mengabulkan permintaan H Mukhdi tersebut. Sidang dengan agenda yang sama rencananya akan digelar kembali pada awal Januari 2019.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Belitung menuntut H Mukhdi bin Syafiie dengan hukuman penjara satu tahun enam bulan. Terdakwa diduga melakukan sumpah palsu dalam penerbitan sertifikat tanah dan melakukan penyerobotan lahan.

Kejaksaan mendakwa H Mukdi dengan pasal berlapis atas perbuatannya tersebut. Yakni Pasal 242 Ayat 1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Tentang Surat Palsu, Pasal 266 Ayat 1 KUHP Tentang Keterangan Palsu dalam Akta Otentik, dan Pasal 385 Ayat 1 KUHP Tentang Penyerobotan Lahan.

Namun JPU Kejari Belitung Abram Nomi Tambunan mengakui, dari dua pasal yang didakwakan hanya satu pasal yang memenuhi unsur. Yakni Pasal 226 Ayat 1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Yakni keterangan palsu dalam akta otentik.

Jaksa menilai, H Mukhdi telah melakukan sumpah dan memberikan keterangan palsu pada saat hendak membuat sertifikat pengganti tanah yang hilang, atas nama Syafiie Atim. Sumpah palsu itu dilakukan sekira September 2015, saat terdakwa mendatangi kantor lurah dan mengurus surat kehilangan. (als).

About kabarbabel 2399 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.