Pemkab Bangka dan Aparat Keamanan Tinjau Bahan Pokok Di Pasar Higienis Air Ruai

PEMALI, www.kabarbabel.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka bersama aparat keamanan melakukan operasi di Pasar Higienis Air Ruai, Jumat (21/12/2018). Hal ini untuk memastikan bahan pokok makanan di pasar tersebut dijual dengan harga stabil dan aman dikonsumsi.

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin memimpin peninjauan selepas kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Menumbing 2018 bersama aparat Polri, TNI, dan Satpol PP Kabupaten Bangka, langsung mendatangi Pasar Higienis Air Ruai untuk menggelar operasi. Menurut Syahbudin, saat ini harga bahan pokok yang pihaknya tinjau masih dalam batasan wajar.

“Alhamdulillah, sesuai dengan pantauan kita hari ini semuanya normal, tidak ada kenaikan harga kebutuhan bahan pokok yang signifikan, masih dalam batas standar,” ucapnya.

Ia meminta, pihak pasar serta elemen masyarakat, baik itu penjual maupun pembeli, untuk tetap menjaga keamanan pangan dan ketertiban pasar. Ia juga sempat menyoroti parkir di Pasar Higienis Air Ruai yang masih kurang teratur.

“Maka kedepan, untuk bisa lebih tertib lagi, jangan sembarangan parkir seperti ini,” ujarnya.

Ia menghimbau dari segi keamanan pangan, agar semua pihak untuk tetap waspada, terutama soal bahan berbahaya yang terdapat dalam makanan. Dalam hal ini, pihaknya akan meminta Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk rutin memeriksa bahan makanan yang ada di pasar.

“Kita adakan pemeriksaan rutin dengan pihak BPOM terhadap bahan makanan yang dikonsumsi publik,” kata Syahbudin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bangka, Thony Marza memaparkan, dari hasil tinjauan di pasar memang rata – rata stabil, tetapi untuk harga ayam mengalami kenaikan sedikit, walaupun masih dibawah harga batasan tertinggi.

“Sekarang, stok ikan menurun, mungkin dampak dari cuaca yang kurang baik ini. Makanya, masyarakat banyak yang berpindah ke ayam,” ujarnya.

Kapolres Bangka, AKBP. M Budi Aryanto turut menghimbau kepada pelaku penimbunan sembako terkhususnya para penjual, untuk tetap tidak melakukan kejahatan penimbunan sembako tersebut.

“Himbauan kami, tolong jangan sampai ada yang melakukan kejahatan seperti penimbunan sembako. Kita juga ingin supaya dalam perayaan Natal dan Tahun Baru nanti menjadi lancar dan tersediannya bahan pokok bagi masyarakat,” pungkasnya. (m4).

About kabarbabel 2056 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.