Syahbudin Ajak KORPRI Tanamkan Sikap Cinta Tanah Air

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menggelar Upacara Bela Negara dan Hari Nusantara bersama Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Bangka, di Halaman Kantor Bupati Bangka, Rabu (19/12/2018).

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin bertindak sebagai Inspektur Upacara, membacakan amanat dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto.

Terkait penetapan peristiwa bersejarah ini, Hari Bela Negara merupakan penegasan bahwa bela negara dari dulu sudah memiliki konteks yang sangat luas. Salah satunya, seperti upaya para pejuang tanah air ini.

“Bela negara tidak hanya dapat dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus melalui dengan beragam upaya dan profesi,” ucap Syahbudin.

Ia mengatakan, segenap aparatur negara, baik sipil maupun militer yang berjuang melakukan tugasnya di pelosok tanah air, sesungguhnya itu merupakan suatu tindakan bela negara.

“Merekalah yang membuat Republik Indonesia ini tetap eksis untuk hadir melayani rakyatnya,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Syahbudin juga turut membacakan amanat dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, yang menjelaskan tentang Hari Nusantara.

Dikatakannya, penyelenggaran Hari Nusantara tahun 2018 yang dilaksanakan tidak terlepas dari perjuangan bangsa Indonesia untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia menuturkan, isi yang pertama kali tercetus dalam deklarasi Djuanda, pada tanggal 13 Desember 1957 adalah, Hari Nusantara ini mendasari perjuangan Bangsa Indonesia untuk tetap ingin menjadikan Negara Indonesia sebagai negara kepulauan.

“Perlakuan sebagai negara kepulauan mempunyai filosofi yang sangat mendasar walaupun serta merta tidak diakui negara lain. Bahkan, Negara Indonesia mendapat tantangan dari negara – negara besar di dunia,” jelasnya.

Dalam hal ini, Syahbudin turut mengucapkan Selamat atas Hari Bela Negara dan Hari Nusantara Republik Indonesia tahun 2018. Ia berpesan agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

“Berbekal rasa cinta tanah air dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai profesi masing – masing, itu lah yang harus kita tanamkan sekarang,” pungkas Syahbudin. (m4).

About kabarbabel 2405 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.