Pemkab Bangka Raih Penghargaan APE Tahun 2018

JAKARTA, www.kabarbabel.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka berhasil meraih penghargaan sebagai pemerintah terbaik dalam Pengarusutamaan Gender (PUG) dan perlindungan anak di Indonesia. Oleh karena itu, Pemkab Bangka berhak membawa pulang penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018.

Penghargaan tersebut diberi langsung oleh Wakil Presiden, Jusuf Kala bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise kepada Bupati Bangka, Mulkan, di Istana Wakil Presiden Indonesia, Rabu (19/12/2018).

Atas raihan penghargaan itu, Mulkan mengatakan kedepan kesadaran masyarakat akan PUG dan perlindungan terhadap anak harus meningkat, dan penghargaan yang sudah diraih ini ia harap dapat terus dipertahankan serta ditingkatkan lagi.

“Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas penghargaan yang telah diraih hari ini, akan semakin memotivasi kita semua untuk memberikan yang terbaik bagi kaum perempuan dan anak,” ucap Mulkan.

Ia menyebutkan, Pemkab Bangka sudah optimis dengan pencapaian pada tahun 2019 nanti. Karena Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bangka tahun 2019 sampai dengan 2023, telah menjadikan pembangunan gender dan perlindungan anak sebagai salah satu kebijakan penting dalam pembangunan Kabupaten Bangka.

“Seluruh OPD kita telah melaksanakan kegiatan yang terkait dengan pembangunan gender. Kebijakan pembangunan dan pemberdayaan gender juga sudah banyak diterapkan badan usaha, baik BUMN, BUMD, maupun swasta,” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin menyatakan, Pemkab Bangka telah menetapkan dan melaksanakan beberapa peraturan daerah diantaranya, Peraturan Bupati (Perbup) tentang Rencana Induk Pembangunan Gender dan Perbup tentang Rencana Aksi Daerah PUG tahun 2018 hingga 2022.

“Ini merupakan komitmen kami terhadap pembangunan gender kedepan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A), Boy Yandra menyebutkan, dalam mengarusutamakan gender dan perlindungan anak di Kabupaten Bangka, pihaknya telah melakukan berbagai upaya.

“Kami telah melakukan penguatan kelembagaan, sistem informasi, sumber daya manusia, anggaran, kebijakan, peran masyarakat dunia usaha, dan masih banyak lagi. Yang jelas itu semua merupakan upaya kami selama ini,” jelas Boy.

Ia menuturkan, tahapan penilaian atas penghargaan APE tahun ini, dimulai sejak awal tahun 2018 dan diakhiri dengan presentasi oleh Wakil Bupati dan Kepala Bappeda dihadapan para juri serta panelis independen pada bulan Oktober 2018 lalu.

“Kami berkomitmen kedepan, perempuan merupakan investasi, aset dan potensi daerah yang dapat memberikan kontribusi besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutupnya. (m4).

About kabarbabel 2056 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.