1.741 Pelanggar di Bangka Terjaring Operasi Zebra Menumbing 2018

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Sebanyak 1.741 pelanggar lalu lintas dijaring Polres Bangka dalam Operasi Zebra Menumbing 2018 yang dilakukan pada 30 Oktober – 12 November 2018 lalu. Kasat Lantas Polres Bangka, AKP. Diana Yanmiraty menyebutkan, operasi Zebra Menumbing 2018 ini menyebar ke berbagai kecamatan di Kabupaten Bangka dan dilakukan di titik rawan kecelakaan lalu lintas.

“Rata – rata para pelanggar tersebut ditilang karena tidak memakai helm, tidak memakai sabuk pengaman, serta sering melawan arus itu yang paling banyak,” ujarnya saat di wawancara oleh kabarbabel.com, di ruang kerjanya, Kamis (22/11/2018).

AKP. Diana menuturkan, sesuai Undang Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, untuk pengguna Roda 2 (R2) dan Roda 4 (R4) wajib melengkapi kelengkapan berkendara. Contoh kelengkapan itu antara lain, wajib pakai helm, menyalakan lampu di siang hari untuk pengguna R2, tidak melanggar lampu merah, tidak melawan arus, serta selalu memakai sabuk pengaman untuk pengendara R4. Selain itu ia mengimbau masyarakat agar jangan ngebut saat berkendaraan.

“Soalnya orang Bangka ini melihat jalan yang sudah kecil, sepi, jadinya ngebut. Seperti itu lah (apabila ngebut) yang bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas,” ucapnya.

Ia mengatakan dalam hasil operasi kemarin secara umum masyarakat menerima untuk dilakukan operasi. Selanjutnya ia berpesan kepada masyarakat di Kabupaten Bangka untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

“Tolong patuhilah peraturan kami yang simpel banget ini. Untuk pengendara R2 pakai lah selalu helm. Serta juga untuk pengendara R4, janganlah menganggap sepele sabuk pengaman itu, karena kita tidak tahu kapan kecelakaan itu bisa terjadi,” pungkasnya. (m4).

About kabarbabel 2429 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.