Bawaslu Bangka Cermati Kampanye yang Libatkan Anak-anak

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Kampanye melibatkan anak-anak menjadi bahasan dalam Rapat Dalam Kantor (RDK) Bawaslu Kabupaten Bangka,  awak media,  KPID dan KPAD. Dalam RDK di Sekretariat Bawaslu Bangka, kamis (15/11/2018) diakui Bawaslu banyak anak-anak yang dibawa orang tua saat kampanye.
Komisioner Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Bangka, Zulkifli, mengatakan, dugaan pelanggaran kampanye itu mengacu kepada Undang-Undang (UU) Nomor Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Pasal 280 Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.
“Kami telah mengecek bahwa anak – anak sekarang banyak yang mengenakan atribut kampanye seperti baju peserta, hal yang kami takutkan adalah dugaan kami ini merupakan pemanfaatan anak untuk kepentingan kegiatan politik itu sendiri,” tegas Zulkifli.
Dalam kesempatan ini Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Bangka Belitung (Babel) juga turut hadir dalam RDK tersebut menyatakan pihaknya telah melakukan MoU bersama Bawaslu Provinsi terkait masalah pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 ini.
“Jadi kami KPAD diberikan kesempatan untuk memberikan saran kepada bawaslu terkait temuan anak yang terlibat dalam kegiatan politik seperti ini,” ungkap Sapta Qodria Muafi, selaku Ketua KPAD Babel kepada insan pers Kabupaten Bangka yang turut menghadiri Diskusi tersebut.
Menurut Sapta, kategori usia yang bisa dibilang pelanggaran perlindungan anak adalah anak dari umur 18 tahun ke bawah sampai masa kandungannya. Pihaknya akan melakukan investigasi dengan Bawaslu di lapangan terkait persoalan ini, serta meminta keterangan dari masyarakat.
“Kita juga berharap dalam rapat ini kita bisa bersinergitas dengan pihak media ,serta lembaga – lembaga yang terkait. Silakan melaporkan jika menemukan kejadian seperti ini dalam zona politik, agar proses pengawasan berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (m4).
About kabarbabel 2044 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.