KNPI Bangka Fasilitasi Seminar Pasar Modal Bersama BEI Babel

SUNGAILIAT, www.kabarbabel.com – Puluhan pemuda-pemudi Kabupaten Bangka dikenalkan soal pasar modal saham oleh KNPI Bangka bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) Babel. Hal ini untuk memacu pemuda pemudi dan masyarakat umumnya agar turut berinvestasi jangka panjang, tak sekedar menjadi konsumen yang konsumtif.

Kepala Kantor BEI Babel melalui perwakilannya, Yoseph Kabaruan dalam penyampainya, BEI mengajak masyarakat untuk cerdas mengelola uang dalam keluarga dan tidak sekedar menyimpan uang di celengan dan tabungan. Kelas edukasi pasar modal juga digelar bertujuan untuk menganalisa perusahaan mana yang sehat untuk investasi.

“Kita bisa menganalisa dari berbagai sisi untuk melihat saham itu bagus atau tidak
Program ini mengajak untuk jangka panjang. Saham sebagai bukti kepemilikan suatu perseoran yang merupakan klaim atas penghasilan dan aktiva perusahaan,” ungkap Yoseph di Graha Pemuda KNPI Kabupaten Bangka, Sabtu (12/5/2018).

BEI Babel juga menerangkan adanya resiko dalam pasar modal sehingga peminat investasi saham harus belajar untuk meminimalisir resiko itu. Di sisi lain, keuntungan investasi saham juga terdapat selisih harga jual dan beli, deviden atau pembagian laba perusahaan serta liquid yakni saham bisa dijual dan beli kapan saja.

“Ada lebih dari 500 lebih perusahaan go public dan bisa mulai dengan 1 slot atau 100 lembar saham yang ada nilai sahamnya Rp 50 per lembar. Artinya dengan Rp 5 ribu kita sudah bisa memiliki perusahaan. Ini jangka panjang, tiap hari dari pagi sampai tidur kita memakai dan membeli produk yang diinvestasikan orang dengan turut investasi kita ikut berpeluang mendapatkan hasil,” kata Yoseph.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Bangka Syarli Nopriansyah menyatakan, dunia saham sebagai level “wah” bagi sebagian orang serta dianggap merupakan mainan masyarakat level atas. Dengan seminar pasar modal semua pihak bisa mengetahui dan mempelajari tentang pasar modal.

“Saya yakin banyak yang berminat setelah tahu apa itu saham dan modal. KNPI Kabupaten Bangka berusaha memberi tempat dan ruang bagi pemuda mengetahui saham dan modal,” tukas Syarli.

Ia berterimakasih kepada BEI Babel yang telah memberi kesempatan untuk memberi informasi tentang pasar saham dan modal ke peserta. Sementara itu, Eva dari Indopriemer Sekuritas menyatakan, siap membantu masyarakat yang ingin berinvestasi di pasar modal.

Pihaknya pun menawarkan kemudahan investasi termasuk dengan Rp 100 ribu sudah bisa membeli saham di pasar modal untuk saham perusahaan tertentu. Dalam seminar pasar modal kemarin tampak sebagian besar peserta tertarik berinvestasi membeli saham dengan tawaran awal senilai Rp 100 ribu untuk memulai investasinya. (vna).

About kabarbabel 2062 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.