Distan Bangka Tolak Pengalihan HTI Sumsel ke Bangka

Jembatan Darurat di Parit 7 Desa Air Ruai yang kembali rusak diterjang arus air akibat hujan. (Foto:www.kabarbabel.con).

Kabarbabel.com–Wacana pengalihan kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) dari Sumatera Selatan ke Bangka Belitung dipastikan akan membawa dampak buruk terhadap pertanian di Kabupaten Bangka.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman saat dikonfirmasi Rabu (3/1) mengaku kurang setuju terhadap wacana pengalihan kawasan HTI dari Sumsel ke pulau Bangka.

Menurutnya, dengan keberadaan tiga perusahaan HTI yang bergerak di Kabupaten Bangka seperti PT Inhutani, PT Istana Kawi Kencana dan PT Agro Pratama Sejahtera sudah meresahkan warga karena hingga saat ini belum memberikan komitmen yang jelas terhadap masyarakat yang tinggal didekat kawasan perusahaan tersebut.

Seharusnya, perusahaan HTI berkewajiban ‎bermitra dengan kelompok masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan minimal 15 persen dalam rangka untuk kegiatan tanaman unggulan sekitar 10 persen dan tanaman kehidupan 5 persen.

“Kita punya pencadangan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) sekitar 6 ribu hektar dan jika ini dialihkan konsensi HTI, jelas masyarakat kita akan jadi penonton,”katanya.(rfg/dei)

About kabarbabel 2245 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.