Ultah ke 55, Tarmizi Launching Buku

Kabarbabel.com–Bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 tahun yang jatuh pada tanggal 26 Desember, Bupati Bangka H. Tarmizi Saat meluncurkan buku biografinya sekaligus diskusi buku biografi yang berjudul Tarmizi Saat dan Semangat Berperadaban, Selasa (26/12/17) di Rumah Dinas Bupati Bangka.

Tampak hadir juga sebagai pembicara untuk diskusi buku biografi orang nomor satu di Kabupaten Bangka yakni Dr. Rusydi Sulaiman, Prof. Bustami Rahman, dan Prof Dr. Hatamar Rasyid dan juga H. Pan Budi Marwoto dengan moderator Amir Syuhada dari Medinia center.

Bupati dalam sambutannya mengungkapkan peluncuran buku biografi dirinya merupakan salah satu khazanah untuk menambah referensi buku tentang orang-orang Bangka.

“Semoga bisa memberikan manfaat terutama untuk para generasi muda sehingga mengerti tentang akar dan sejarah tentang Bangka.
Selain itu juga bupati dalam sambutannya mengungkapkan tentang perjuangan dirinya dari kecil sehingga sukses menjadi Bupati Bangka.

“Saya banyak perjuangannya, termasuk juga ketika saya sakit dan harus cuci darah selama tiga bulan di RSUD Sungailiat, saya lakukan setelah jam 12 malam,” ungkapnya.

Buku Tarmizi Saat dan Semanagat Berperadaban ini yang digagas penulisannya oleh Madania Center menceritakan tentang sosok pemimpin yang sesuai dengan karakter masyarakat Bangka, religius, akademis, birokrat, komunikatif dan bersahaja. Karakter semua tersebut tidak diperoleh sesat akan tetapi setelah proses penempatan diri dan perjuangan yang panjang, mulai dari buaian hingga dewasa dan masa sekarang. Tarmizi Saat adalah bujoi yang tetap bersemangat lakukan penguatan peradaban di Kepulauan Bangka Belitung.

“Banyak sisi-sisi yang menarik yang kita galidari keseluruahan perjalanan hidup seorang Tarmizi Saat,” ungkap Amir Syuhada yang menulis buku biografi Tarmizi Saat.

Sementara itu, pendapat Prof Dr. Bustami Rahman yang juga menjadi pembicara dalam diskusi biografi Tarmizi Saat dan Semangat Berperadaban dalam buku tersebut mengungkapkan sosok Tarmizi merupakan seorang yang tangguh, rajin, dan pekerja keras. Ia bekerja dengan detail, karena sejak awal ia sudah menjadi pegawai atau birokrat di pemerintahan sampai kedudukan struktural tertinggi di Kabupaten Bangka. “Tarmizi, akan tetap seperti Bujoi, budak kampung Kemuje yang kita kenal kesehariannya, bisa pidato dengan mengutif ayat Al quran, berbahasa indonesia sebentar, lalu diselingi dengan bahasa Bangka,” ungkap Bustami.

Sementara Prof Dr. Djamaludin Ancok, Ph.D dalam sinopsis buku biografi Tarmizi Saat mengungkapkan, sosok Tarmizi Saat termasuk dalam kategori bupati yang merakyat dan selalu menyempatkan waktu untuk blusukan untuk mengetahui persoalan yang dihadapi masyarakat secara langsung.

“Ia bisa memberikan solusi atas permasalahan secara cepat, tepat dan efisien. Selain itu juga, Tarmizi itu adalah seorang pemimpin yang memiliki relasi luas di segala bidang,” ungkap Djamaludin.

Prof. Dr. H. Nur Syam mengungkapkan pendapatnya tentang Tarmizi adalah semangat keagamaan yang tinggi.
“Ia sangat konsisten terhadap pekerjaan, serius dalam bekerja, tepat waktu, mandiri, tegas, dan memberi kontribusi yang baik bagi orang lain. Saat ini sulit ditemui seorang birokrat berbasis sekolah umum serius mempertahankan nilai-nilai keislaman,” katanya.(ril/dei)

About kabarbabel 2051 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.