2018, DABA & DAK Bangka Anjlok Drastis

Kabarbabel.com–Adanya Pesta demokrasi dan kondisi keuangan di Indonesia berpengaruh pada kucuran dana untuk alokasi bantuan dan dana alokasi khusus (Daba dan DAK).

Terbatasnya kucuran dana dari pusat ini merembet pada keuangan Pemkab Bangka 2018 mendatang.Sehingga, pembangunan infrasruktur dipastika akan tertatih tatih.

Kabid Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perumahan Kabupaten Bangka, Panca Pujayadi saat dikonfirmasi Kamis (21/12/2017) menjelaskan peruntukan DAK dari pusat biasanya di angka Rp 100 milyar.Namun, untuk tahun 2018 mendatang dipastikan DAK hanya terkucur Rp 34 milyar dengan Daba 46,2Milyar yang digunakan untuk pembangunan di Bangka Rp 34 milyar khusus untuk pembangunan jalan, pembangunan spam Cipta Karya ada Rp 8 milyar dan pembangunan irigasi Rp 5 milyar.

Sementara dari dana APBD, kata Panca, rata-rata untuk pembangunan proyek kecil mengingat keuangan terbatas.

“Ada masuk Rp 46,2 milyar dana daba untuk pembangunan infrastruktur jalan tapi itu tergantung provinsi,”katanya.

Sementara itu, DAK biasanya diperoleh minimal Rp 100 milyar, sekarang menurun drastis hanya Rp 34 milyar.

“Kelihatannya ini tergantung keuangan pusat. Bukan kita saja tapi terjadi seluruh Indonesia. Keuangan banyak di infrasturktur besar jadi banyak disedot kesitu sehingga ke daerah kurang. Memang infrastruktur besar banyak dibangun seperti bandara, jalan tol. Tahun ini menurun drastis,”katanya.

Untuk APBD, ditambahkannya kecil apalagi menghadapi pilkada akhirnya untuk pembangunan agak kecil jadi paket-paket kecil dilaksanakan.

“Paket kecil seperti jalan tanah puruh dengan nilai Rp 200 juta. Kalau pengaspalan dari DAK. Masyarakat harus tahu informasi ini, jangan terkejut,” katanya (rfg/dei).

About kabarbabel 2024 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.