Jalan Pasar Manggar Ditutup untuk Geopark

kabarbabel.com–Badan Pengelola (BP) Geopark Belitong akan menutup jalan di pusat pasar Kota Manggar. Penutupan jalan akan dilakukan pada Sabtu, (25/11), dari siang hari hingga malam.

Penutupan itu terkait dengan Kegiatan Musik Melayu dan Festival Geo Coffe serta Geo Fashion. Rencananya panggung untuk kegiatan akan dibangun tepat di tengah jalan depan Apotik.

“Jalan yang kita tutup sepanjang jalan Bioskop Mega, Pasar Lipat Kajang, hingga ujung. Masyarakat yang ingin menuju ke sana sudah kita siapkan jalan alternatif,” ungkap Koordinator PIC BP Geopark Belitong, Yuspian kepada Diskominfo Beltim, Jum’at (24/11).

Pihak panitia membangun panggung sebesar 8×6 meter untuk penampilan musik melayu. Di tengah-tengahnya, dipasang karpet merah sepanjang 25 meter untuk peragaan busana batik.

“Kita akan menampilkan fashion show batik melayu, dengan tema ‘The Power of Ketakong’ untuk Geo Fashion. Nantinya para model akan melenggang di atas cat walk karpet merah tersebut, termasuk diantaranya Putri Indonesia 2016 dan Putri Pariwisata Kepulauan Bangka-Belitung,” kata Yuspin.

Masyarakat yang hadir juga akan diberikan voucer minum coffe gratis. Panitia menyiapkan 1001 voucher yang berlaku di toko-toko kopi sekitar panggung.

“Nilainya Rp 5.000, untuk kopi atau teh. Jika ingin minum yang lain harus bayar sendiri,” ujarnya.

Geo Coffee akan dimulai sejak dari Pukul 18.30 hingga selesai. Selaian peragaan busana dan musik melayu pengunjung juga akan disuguhi oleh berbagai atraksi budaya.

“Mayoritas masyarakat dan para pemilik warung kopi sangat antusias dengan acara ini. Kita juga sebelumnya sudah sosialisasi ke Camat dan Kades,” tukasnya.

Terkait rencana kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Arif Yahya ke Festival Geopak 2017, Yuspian mengatakan masih tetap masuk dalam agenda. Namun Ia belum bisa memastikan Menteri akan dapat datang ke Kabupaten Beltim.

“Agendanya bertepan dengan mantenan Putri Pak Jokowi di Medan. Namun staf menteri mengatakan beliau akan mengusahakan datang ke sini,” jelasnya.

Sebelumnya Kabupaten Belitung dan Kabupaten Beltim telah menerima sertifikat Geopark Nasional dari Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jum’at (24/11). Sertifikat diterima Bupati Beltim Yuslih Ihza dan Bupati Belitung Sahani Saleh dalam Seminar Geopark di Hotel Santika Primere, Sijuk Belitung.(ril/dei)

About kabarbabel 2065 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.