Aparatur Desa dan Kecamatan se – Bangka Ikut Bimtek

kabarbabel.com — Sebanyak 132 orang aparatur Desa dan Kecamatan di Kabupaten Bangka sejak Selasa hingga Kamis (31-01/10-11/2017) mendatang akan berada di Tanjung Pesona untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tat
naskah dinas dan penggunaan GPS bagi Sekretaris Desa. Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati (Wabup) Bangka Rustamsyah merupakan angkatan I yang dikhususkan bagi Kepala Seksi Pemerintah Desa dan Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan se Kabupaten Bangka.

Rustamsyah mengatakan, pelaksanaan otonomi desa diadakan untuk memberikan hak dan kewenangan kepada pemerintah desa agar desa dapat secara maksimal memberikan pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan harkat dan martabat masyarakat desa untuk mencapai tujuan kehidupan masyarakat yang berkeadilan.

Berdasarkan ketentuan pasal 49 undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, perangkat desa mempunyai tugas yaitu, membantu kepala desa dalam melaksanakan tugas dan wewenangannya.

Menurut Wabup Bangka, kelemahan mendasar yang menyebabkan kurang berkembangnya potensi desa saat ini dikarenakan terbatasnya kapasitas aparatur yang mengelola pemerintahan desa, karena itu bimtek ini tentunya menjadi sangat penting artinya dalam mengembangkan kapasitas perangkat desa.

Demikian pula agar dalam pengarsipan surat – menyurat di pemerintah desa agar dapat dilakukan dengan baik, jangan sampai kehilangan arsip saat dibutuhkan diantaranya bila terjadi permasalahan hukum dapat dibuktikan.

Perangkat desa juga diharapkan dapat memahami manajemen pemerintahan desa dalam aspek kewenangan, kelembagaan, keuangan dan kekayaan desa, perencanaan pembangunan desa, produk hukum, administrasi, penataan wilayah dan pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa serta memahami secara teknis penyelenggaran pemerintahan desa.

Bimtek dilaksanakan Dinas Sosial dan Pemdes kabupaten Bangka selama dua hari dengan nara sumber dari Kementrian Desa dan Pemkab Bangka.

Sekretaris Dinas Sosial dan Pemdes Kabupaten Bangka H. Saparundi menjelaskan, tujuan bimtek untuk meningkatkan kualitas pengelolaan adamistrasi pemerintah desa dan kecamatan yang berdasarkan prinsip tata pengelolaan pemerintah desa dengan transparant dan akuntabel.

Diharapkannya, melalui bimtek para peserta selain dapat mengetahui tata naskah dinas juga pengunaan GPS serta dalam menentukan titik koordinat dalam mengoprasionalkan GPS. (Humas Pemkab Bangka/dei)

About kabarbabel 2421 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.