Raperda Hak Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD Bangka Disahkan

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, DPRD Kabupaten Bangka mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bangka tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Bangka menjadi peraturan daerah.

Pengesahan Perda yang merupakan inisiatif DPRD berlangsung dalam Rapat Paripurna DPRD kabupaten Bangka, Senin (24/7/2017) di ruang paripurna DPRD Kabupaten Bangka dengan pimpinan Rapat Ketua DPRD Parulian, S.Ip.

Menanggapi pengesahan Raperda tersebut Wakil Bupati Bangka Rustamsyah mengatakan, pada prinsipnya esekutif menghargai dan menyepakati pengesahan raperda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Bangka, karena keberadaan raperda ini merupakan amanat peraturan perundang – undangan yang lebih tinggi, yakni PP nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD.

“Pengaturan tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD ini, selain untuk meningkatkan kehidupan demokrasi , menjamin keterwakilan rakyat dan daerah dalam melaksanakan fungsi, tugas dan wewenang lembaga, mengembangkan mekanisme keseimbangan antara DPRD dan Pemerintah Daerah,” papar Rustamsyah.

Selain itu untuk meningkatkan kualitas produktifitas kinerja DPRD, juga untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan. Dikatakannya, dalam raperda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD ini mengatur adanya penambahan jenis dan nominal tunjangan, serta fasilitas bagi pimpinan dan anggota DPRD.

“Perlu kita pahami bersama bahwa penambahan ini tentunya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dengan memperhatikan asas kepatutan,” ujarnya.

Dijelaskannya, kewajaran dan rasionalitas, yang teknis pelaksanaannya akan diatur lebih lanjut dengan peraturan Bupati Bangka mempedomani ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

“Kami berharap, semoga dengan berlakunya Perda ini secara tidak langsung akan dapat memperlancar roda pemerintahan dan pebangunan, khususnya dapat meningkatkan kinerja DPRD Kabupaten Bangka dalam membangun dan mewujudkan Bangka Bermartabat,” pungkas Rustamsyah.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bangka dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekda Bangka Fery Insani, para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Bangka, organisasi wanita dan undangan lainnya.(Rus-Humas/kbc).

About kabarbabel 2199 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.