Belitong Masih Dikepung Banjir

www.kabarbabel.com – Pulau Belitong yang memiliki 2 kabupaten, Belitung dan Belitung Timur masih dilanda banjir. Banjir yang telah mengepung sejak akhir pekan lalu merendam puluhan ribu rumah tangga di beberapa kecamatan dengan akses publik seperti jalan dan jembatan ada yang putus.

Sampai Selasa (18/7/2017) air masih menggenangi pada beberapa titik di Pulau Belitong. Dari informasi yang www.kabarbabel.com himpun, untuk wilayah Kabupaten Belitung banjir melanda di dekat jembatan Air Raya Jalan Sudirman, Kebun Jeruk Tanjungpandan.

Termasuk juga di daerah Cerucuk Badau serta beberapa titik di Mentigi Membalong. Kondisi banjir telah merendam ratusan rumah, termasuk di salah satu perumahan daerah Pilang. Beberapa ruas jalan terendam hingga ratusan meter sehingga sulit untuk dilewati kendaraan.

Sementara di daerah Beltim, kondisi terparah terjadi di Kecamatan Gantung, utamanya daerah seputaran Bendungan Pice terendam banjir hingga Pasar Gantung. Banjir juga merambah di Desa Batu Penyu, Selingsing, Lintang. Di daerah Simpang Renggiang, Buding, dan sekitaran Danau Mempayah ikut banjir serta akses jalan putus.

Saat ini warga sebagian telah diungsikan ke tempat yang aman, sebagian lagi memilih tinggal di rumah sanak saudaranya. Beberapa warga yang masih bertahan membutuhkan bantuan berupa makanan siap santap, pakaian kering, serta logistik pangan.

Posko-posko banjir telah dibentuk oleh beberapa komunitas dan relawan yang sudah menyalurkan bantuan sejak terjadinya banjir. Termasuk juga bantuan yang disiapkan oleh pemerintah. Sampai siang ini kondisi cuaca di Pulau Belitong masih diselimuti mendung dengan hujan pada beberapa titik.‎

Selain banjir, terjdi juga longsor di Gunung Malang Lempau, Burung Mandi, Beltim. Sampai saat ini listrik di daerah banjir sebagian masih padam karena pertimbangan faktor keselamatan dan juga rusaknya jaringan.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan menyatakan, bantuan untuk korban banjir ke Belitung dan Belitung Timur mulai disalurkan. Berbagai bantuan yang diberikan antara lain sembako, obat-obatan, pakaian. Erzaldi pun telah mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta dinas terkait lainnya untuk membantu korban banjir. (vna).‎

About kabarbabel 2405 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.