Tahapan Pilkada Bangka Dimulai Awal September

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Tahapan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di mulai awal bulan September 2017 sesuai dengan Peraturan KPU nomor 1 tahun 2007 tentang tahapan Pilkada.

“Tahapan Pilkada di daerah ini di mulai bulan September dan untuk pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati akan berlangsung pada tanggal 27 Juni 2018,” ujar Ketua KPU Bangka, Zulkarnain, Selasa (4/7/2017) di Sungailiat.

Dijelaskannya, dalam tahapan nanti, bakal calon yang melakukan pencalonan di daerah harus memiliki 20 persen dari kursi di DPRD. Sementara untuk koalisi partai yang melakukan pencalonan harus memiliki kursi di DPRD sebanyak 25 persen dari seluruh jumlah suara sah.

Ditambahkan dia, untuk calon perseorangan atau independen persyaratannya harus mengumpulkan 8,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Bangka masuk didalam 8,5 persen dari jumlah DPT atau sekitar 206 ribu. Jadi sekitar 17.537 an yang diperlukan calon Independen sebelum dilakukan verifikasi,” ujarnya.

Setelah itu, KPU akan mengumumkan calon pasangan yang maju Pilkada di daerah ini baik perseorangan maupun calon dari partai. Tak cuma itu saja, KPU Bangka juga akan melakukan seleksi ulang terhadap perangkat penyelenggara pemilu seperti PPK dan PPS.

“Seleksi ini kita lakukan dengan cara membuka pendaftaran secara terbuka kepada masyarakat luas yang ingin bergabung menjadi perangkat penyelenggara pemilu,” tutupnya. (rif).

About kabarbabel 2399 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.