Pasar Murah Tahap II Kembali Dipadati Pembali

MANGGAR – Www.kabarbabel.com, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Pemkab Beltim) dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel), Senin (12/6), kembali menggelar Operasi Pasar Murah tahap II di halaman Kantor Camat Manggar Kabupaten Beltim.

Sama seperti Operasi Pasar Murah sebelumnya, ratusan pembeli kembali memadati dan memborong barang-barang kebutuhan yang dijual. Meskipun pihak  distributor dan agen sudah menambah jumlah barang, namun tak sampai dua jam beras sebanyak 2 ton habis terjual.

Hendi, asisten UD Mawar Jaya yang merupakan salah satu perwakilan Distributor asal Tanjungpandan, yang turut andil dalam Operasi Pasar Murah Tahap Ii mengungkapkan, kesuksesan penjualan barang pada Operasi Pasar tahap pertama, membuat pihaknya ingin terus berpatisipasi. Bahkan menurutnya, pada Operasi Pasar Tahap II ini dinilai lebih ramai dari sebelumnya.

“Bos sudah nyuruh kita tambah barang, jadi kita tambah 50 kilo stok barang dari jumlah penjualan pada operasi pasar yang pertama kemarin. Peminatnya luar biasa, bahkan melebihi operasi pasar pertama. Mereka antusias dengan harga barang-barang di sini,” ungkap Hendi, Senin (12/6), di lokasi Operasi Pasar Murah Tahap II.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Kabupaten Beltim, Syahrial mengatakan jika pihaknya sudah jauh hari meminta agar adanya tambahan persedian barang. Hal ini untuk mengantisipasi adanya pembeli yang tidak kebagian.  

“Persedian barangnya malah sudah kita tambah, ada yang jumlahnya dua kali lipat dari operasi pasar pertama kemarin, yang jual juga bertambah, tapi tetap juga cepat habisnya,” kata Syahrial.

Menurut Syahrial, Operasi Pasar Murah Tahap II yang digelar menjelang Idul Fitri tersebut, dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Namun dari pantauan di lapangan, sebelum pukul 13.00 WIB Operasi Pasar Murah sudah usai. Bahkan pada pukul 11.00  WIB, ada tiga kios milik distributor yang barangnya sudah tidak tersisa.

“Alhamdulillah tujuan kita untuk membantu masyarakat dapat terlaksana, dan banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya pasar ini. Kita dari Dinas juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari parabdistributor dan agen,” ujar Syharial. 

Syahrial menjelaskan, meskipun hanya dijadwalkan dua kali, namun tidak menutup kemungkinan Operasi Pasar Murah untuk umum ini akan dilaksanakan kembali, jika harga barang-barang kebutuhan di pasar mulai naik. Dalam hal ini, DPMPTSPP akan menggandeng Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) untuk melakukan operasi pasar.

“Kalau harga pasar bergejolak, bisa saja digelar lagi, kita akan turun dengan Bulog. Mereka sudah siap beras, bawang putih, gula pasir sama minyak goreng. Kalau kita langsung dak bisa, soalnya kesulitan dak ada distributor,” jelas Syahrial.   

Syarial juga menambahkan, dalam waktu dekat ini, Pemkab Beltim akan melaksanakan Operasi Pasar Murah subsidi untuk masyarakat kurang mampu. Dimana nanti penjualannya dengan sistem paket, yaitu berisi satu kilogram daging sapi, 5 kilogram beras, satu liter minyak serta satu kilogram gula pasir, yang dijual dengan harga Rp 40 000. (diskominfo-azi/kbc/*yab)

About kabarbabel 2044 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.