Yuslih Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Beltim

MANGGAR – www.kabarbabel.com, Bupati Beltim Yuslih Ihza yang menyampaikan pidato tertulis Presiden RI mengatakan bahwa peringatan hari lahir Pancasila merupakan komitmen seluruh komponen bangsa untuk menjaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan bangsa.

Upacara peringatan hari Pancasila ini merupakan pertama kali dilakukan untuk meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu, dengan Pancasila dan UUD 1945 diharapkan Indonesia bisa terhindar dari berbagai masalah.

 “Kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebhinekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan dan keikaan kita. Masalah ini semakin mencemaskan takkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax atau kabar bohong,” ujarnya.

“Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika kita bisa terhindar dari masalah tersebut,” lanjut Yuslih.

Usai upacara Bupati Beltim Yuslih Ihza menyampaikan bahwa pemahaman dan pengamalan Pancasila harus ditingkatkan

“Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat harus betul-betul dihayati dan diamalkan. Untuk itulah kita seluruh masyarakat bisa saling menjaga keutuhan dan menjadikan Pancasila sebagai  pegangan kita untuk bersatu padu,” kata Yuslih.

Sementara itu Kapolres Beltim AKBP Nono Wardoyo mengatakan bahwa Indonesia dengan berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama dan golongan diharapkan bisa saling menjaga persatuan dan kesatuan sebagai kekuatan untuk membangun bangsa.

“Indonesia lahir dari berbagai perbedaan etnis, bahasa, adat istiadat, agama dan golongan. Perbedaan ini bukan hal untuk dilebarkan tapi menjadi suatu kekuatan untuk membangun bangsa. Mari kita jaga keamanan bangsa kita,” kata Nono.

Hadir dalam upacara hari Pancasila antara lain Wakil Bupati Beltim Burhanudin, Ketua DPRD Beltim Tom Haryono, Kapolres dan unsur forkominda Kabupaten Beltim serta undangan lainnya. (Diskominfo Beltim/kbc).

About kabarbabel 2258 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.