Sudah Bulan Ramadan, Harga Barang Pokok Masih Stabil di Sungailiat

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Unit Pelayan Terpadu Pasar Sungailiat Dinas Tenaga Kerja Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bangka menyimpulkan harga sembako di pasar Kite daerah ini relatif stabil selama bulan Ramadan.
“Hingga saat ini harga sembako di Pasar Kite belum mengalami kenaikan dan masih stabil,” ujar Kepala UPT Pasar Sungailiat Dinas Tenaga Kerja Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bangka, Achmad Suherman di Sungailiat,Kamis (1/6/2017).
Menurutnya, sejumlah pasar tradisional di daerah ini yang menjadi lokasi kunjungan terpadu, rata-rata perdagangan eceran memiliki persediaan sembako dan tidak menjual diatas Harga Eceran Tertinggi (HET).
Suherman menambahkan ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga dikarenakan persediaan terbatas.
“Seperti bawang putih yang terus mengalami kenaikan dari Rp 50.000/kg kini tembus Rp54.000/kg. Saat kami tanya ke pedagang, alasan mereka persediaan terbatas dan mereka mengambil di tingkat distributor pun rebutan,” katanya.
Dia menambahkan untuk harga bawang merah di pasar daerah ini sempat mengalami kenaika. Lantaran persediaan terbatas, pihaknya melakukan antisipasi dengan mendatangkan bawang merah dari Brebes dan dari daerah Padang.
“Untuk bawang dari Brebes ini memang agak mahal, Rp38.000/kg dan bawang dari Padang Rp24.000/kg. Jadi itulah alternatif mengatasi masalah bawang ini,”katanya.
Sementara itu untuk harga daging sapi di pasar Kite Sungailiat kata Suherman harganya tergolong relatif stabil Rp115.000 hingga Rp120.000/kg selama bulan Ramadan.
Suherman mempredikasi untuk harga daging sapi di pasar Kite Sungailiat akan mengalami kenaikan hingga Rp135.000/Kg menjelang lebaran Idul Fitri nanti.
“Dari informasi yang kita dapatkan, harga sapi ini bisa tembus Rp135.000/kg. Tapi harga itu bisa berubah mengingat kebutuhan daging sapi menjelang lebaran nanti cukup tinggi,”katanya (rif).
About kabarbabel 2424 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.