Belum Punya Surat Nikah, Pemkab Bangka Rencana Akan Bantu

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Bupati Bangka Tarmizi Saat sejak mengawali jabatannya sebagai Bupati Bangka bersama Wakil Bupati Bangka Rustamsyah salah satu programnya adalah Isbat Nikah, namun hingga saat ini program tersebut belum terlaksana karena terkendala aturan.

Untuk itu Bupati Bangka, Rabu (31/5/2017) mengundang Pimpinan Ormas Islam, Pengadilan Agama Sungailiat, Kantor Kementeriaan Agama Kabupaten Bangka, Ikadi, KAU dan OPD terkait untuk membahas pelaksanaan Itsbat Nikah. Itsbat nikah adalah pengesahan atas perkawinan yang telah dilangsungkan menurut syariat agama Islam, akan tetapi tidak dicatat oleh KUA atau PPN yang berwenang.

Bupati Bangka Tarmizi Saat menjelaskan, Pemkab Bangka telah menganggarkan Rp 200 juta untuk membantu warga Kabupaten Bangka yang belum memiliki surat nikah.

“Saya inginkan program Itsbat ini dapat dilaksanakan pada tahun ini, namun tidak melanggar aturan,” ujar Tarmizi lewat rilis Bagian Humas Setda Bangka.

Menurutnya, akibat tidak memiliki surat nikah, warga yang akan melaksanakan ibadah haji dan umroh tidak dapat membuat paspor. Bupati mengharapkan para kepala desa untuk membatu program Itsbat Nikah khususnya mendata warganya yang telah menikah, namun belum memiliki surat nikah.

“ Bila terbentur masalah aturan dalam penggunaan anggaran APBD, saya akan laksanakan sendiri dengan swadana sendiri,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Pan Budi Marwoto menjelaskan, paradigma pemerintah saat ini mengutip pernyataan Bupati Bangka yakni bukan lagi masyarakat membutuhkan pemerintah, namun pemerintah yang membutuhkan masyarakat.

Untuk itu melalui program Isbat Nikah diharapkan masyarakat Kabupaten Bangka yang sudah menikah namun belum memiliki surat nikah dapat terbantu dengan program ini.

Dijelaskannya, sudah dianggarkan selama tiga tahun dana sebesar Rp 200 juta untuk program itsbat nikah yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten Bangka tidak dapat dilaksanakan. Pasalnya, masih ditemukan masalah aturan dalam penggunaan anggaran termasuk setelah berkonsultasi dengan BPKP.

Setelah mendengarkan berbagai masukan yang disampaikan peserta rapat, menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Bangka Boy Yandra, pelaksanaan Itsbat nikah akan dikoordinir Ikatan Dai Seluruh Indonesia ( IKADI ) sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Bangka. IKADI akan mengkoordinir pelaksanaan Itsbat Nikah, sedangkan sidang perkara dan proses hukum lainnya akan dilakukan Pengadilan Agama Sungailiat.(kbc).

About kabarbabel 2429 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.