Ada Program Sertifikat Rumah Bagi Nelayan dan Pembudidaya Ikan

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Perikanan terus mengupayakan kesejahteraan bagi masyarakat nelayan. Salah satunyan dengan menyediakan sertifikat.
Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Ahmad Sapran, Senin (29/5/2017) di Sungailiat mengatakan, yang menjadi kendala untuk program sertifikat ini adalah Surat Keterangan Hak Atas Usaha Tanah (SKHUAT).

“Banyak nelayan atau ahli waris tidak memiliki SKHUAT ini pada rumahnya, dan ada juga, rumah mereka di pinggir pantai karena masuk dalam hutan lindung pantai atau sempadan pantai, sehingga tidak bisa dibuat sertifikat,” katanya.

Untuk itu Sapran mengungkapkan, untuk mencari solusi ini, untuk SKHUAT ini dbiayai dari APBD secara gratis.

“Di Kementerian ada juga program ini dan masih kita kejar, ada pembuatan SKHUAT gratis, tapi kalau di APBD memadai bisa, serahkan saja ke camat, yang penting ada SKHUATnya, nanti kalau sertifikat, silakan ke kami, bagi tugas,” imbuhnya.

Dikatakan Sapran lagi, tahun ini untuk di provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ditargetkan 2.600 sertifikat melalui APBD Provinsi.

“Namun yang menjadi kendalanya di Alas Hak dan letak rumah nelayan tadi, saya harapkan kita dapatkan 600 sertifikat, namun kesadaran untuk alat hak dan lainnya, masih harus didorong serta kita sosialisasi terus, jangan lupa asuransi, jangan lupa sertifikat,” pungkasnya. (kbc).

About kabarbabel 2241 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.