Event Kejuaraan Panjat Tebing se-Asean Tertunda

Wall Boulder Panjat Tebing yang terbakar di kawasan Stadion Utama Kabupaten Belitung Timur, Selasa (23/5/2017). (www.kabarbabel.com).

MANGGAR – www.kabarbabel.com, Venua Panjat Tebing milik Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), merupakan satu dari beberapa Venue yang ada di Bangka Belitung (Babel), yang sudah berstandar internasional. Namun, venue yang sempat digunakan cabang olahraga Panjat Tebing pada even Pekan Olahraga Provinsi Bangka Belitung (Porprov Babel) ke IV tahun 2014 silam ini, Selasa pagi (23/5), mengalami kebakaran pada salah bangunan Wall venuenya.

Ketua KONI Kabupaten Beltim, Santo mengatakan, venue yang terbakar tersebut adalah aset dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Beltim. Ditaksir,  total kerugian akibat terbakarnya salah satu Wall pada venue cabang olahraga Panjat Tebing tersebut, mencapai sekitar Rp 650 juta. Adapun material yang terbakar meliputi 30-an panel Wall Boulder Panjat Tebing dan sejumlah matras busa.

Santo juga mengaku terpukul dengan peristiwa terbakarnya wall boulder tersebut. Pasalnya, Cabang Olahraga Panjat Tebing merupakan salah satu cabang olahraga andalan untuk mendulang medali emas bagi Kabupaten Beltim.

Selain berdampak pada persiapan menghadapi Porprov Babel 2018 mendatang, terbakarnya venue Panjat Tebing tersebut juga berpengaruh terhadap event Kejuaraan Panjat Tebing tingkat Asean (Asia Tenggara) pada bulan Maret hingga April 2018 mendatang, dimana Kabupaten Beltim sebagai tuan rumah kegiatan tersebut.

“Kami akan berusaha mengajukan perbaikan venue, untuk wall boulder yang terbakar ini, melalui APBD Beltim Perubahan. Mungkin untuk event Kejuaraan Panjat Tebing se-Asean itu, akan kami minta untuk ditunda. Kalau untuk persiapan Porprov, paling bisa dialihkan sementara di wall satunya,” sebut Santo kepada wartawan, Selasa (23/5), saat ikut memantau proses identifikasi di lokasi kejadian oleh petugas Kepolisian. (yab)

About kabarbabel 2250 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.