Pemkab Bangka Akan Biayai Anak Berprestasi yang Orang Tuanya Tidak Mampu

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Pemerintah Kabupaten Bangka terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berbagai cara dan menyentuh ke semua lapisan masyarakat. Untuk itu, sektor pendidikan menjadi salah satu prioritas utama bagi Pemerintahan H. Tarmizi Saat dan Rustamsyah selaku Bupati dan Wakil Bupati Bangka.

Rencananya dalam waktu dekat ini, atau awal tahun pelajaran baru mendatang, Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, akan menyiapkan pendidikan bagi siswa yang berpotensi, dan berprestasi, namun dari segi ekonomi orang tuanya masih kurang atau berpenghasilan rendah.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa dilaksanakan, nanti akan ada satu sekolah yang menjadi pilot projectnya untuk program ini, kita biaya semuanya,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Ervawi, Senin (22/5/2017) di Sungailiat.

Diuraikan Ervawi, penyelenggaran pendidikan yang dibiayai dan ditanggung oleh Pemkab Bangka ini dikarenakan melihat latar belakang masih ada anak yang berprestasi dan berpotensi maju, namun karena terkendala orang tuanya tidak mampu dari segi ekonomi. Akhirnya, kalah bersaing dengan anak yang orang tuanya berkecukupan.

“Nanti kita tunjuk sekolah mana, kita bentuk satu kelas, anak-anak orang miskin kita giring untuk berprestasi, kita siap satu kelas. Kalau untuk SD sudah gratis, tapi insyaallah yang lain-lainnya akan kita subsidi, dan akan kita gabungkan juga dengan program lainnya, seperti program Semari, dengan Baznas juga, sehingga siswa-siswa yang tidak mampu ini untuk kita sejajarkan dengan fasilitas negeri, dengan guru-guru yang kompeten untuk mendorong mereka berprestasi,” terangnya.

Ervawi juga menjelaskan, untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama juga akan disiapkan satu kelas untuk menampung anak-anak kurang mampu yang akan difasilitasi dan didorong untuk berprestasi juga.

“Selama ini, anak-anak kurang ini kurang bisa bersaing dengan anak-anak yang mampu dalam artian ekonomi, sehingga akhirnya ke swasta yang biayanya lebih tinggi dan akhirnya putus sekolah,” katanya.

Selain itu juga, kegiatan sekolah untuk anak miskin ini sambung Ervawi untuk mengatasi angka putus sekolah, dan memutus rantai kemiskinan orang tua mereka sehingga bisa maju dan dibiayai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan akan didorong ke SMA Pemali serta perguruan tinggi sehingga bisa merasakan persaingan dan berprestasi serta bisa kuliah seperti anak-anak yang mampu.

“Nanti kedepannya, mereka bisa berkiprah lebih bagus dan lebih baik dari orang tua mereka,” harapnya.

Rencana pelaksanaan sekolah untuk anak yang orang tuanya tidak mampu ini, lanjut Ervawi secara teknis akan dilakukan terlebih dahulu di kecamatan Sungailiat.

“Kita coba dulu nanti targetnya 20 anak, akan kita fasilitasi, apakah nanti antar jemput dan lainnya sehingga mereka bisa berprestasi, selama ini mereka ini termarginalkan, mau berbuat tapi kemampuan ekonomi terbatas, ini juga merupakan terobosan Pemkab Bangka selain itu juga sebagai amal jariah kita,” tukasnya. (kbc)

About kabarbabel 2187 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.