Antisipasi Rabies, Kabupaten Bangka Vaksin Hewan Peliharaan

MERAWANG – www.kabarbabel.com, Untuk menghindari dan tidak tertularnya penyakit rabies kepada manusia, Dinas Pertanian Kabupaten Bangka melakukan vaksinasi rabies kepada hewan.

“Kita lakukan vaksinasi rabies ini untuk dilakukan pencegahan karena penyakit rabies ini merupakan penyakit ganesis dan dapat tertular kepada manusia,” ungkap Kepala Dinas Pertanian melalui Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Krisnaningsih, Sabtu (13/5/2017) di Sungailiat.

Diuraikan Krisnaningsih, penyakit rabies ini banyak berasal dari kucing, anjing dan kera yang banyak dipelihara di lingkungan rumah, untuk itulah lanjut Krisnaningsih pihaknya mengantisipasi terhadap hewan peliharaan ini dengan vaksinasi sehingga bebas dari rabies.

“Jadi Dinas Pertanian mempunyai program untuk memvaksinasi anjing, kucing dan kera yang membawa rabies untuk bebas dari rabies, dan untuk sekarang kita mengambilnya di Belinyu, karena populasinya sangat tinggi,” katanya.

Dikatakannya juga, sampai sejauh ini untuk penyakit rabies ini, korbannya belum ada, namun Dinas Pertanian melakukan vaksinasi ini untuk mengantisipasi saja.

“Kita di Kabupaten Bangka ini atau di provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini bebas rabies, namun mengingat kita daerah kepulauan, jadi kita antisipasi saja, apalagi kita ada pelabuhan, jadi banyak keluar masuk hewan,” ujarnya.

Selain turun ke lapangan langsung, Dinas Pertanian Kabupaten Bangka juga melakukan pelayanan vaksinasi rabies ini baik di kantor, maupun di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang ada di Kecamatan Merawang.

“Vaksinasi rabies ini gratis, kita lakukan secara berkala dan kerjasama dengan pihak provinsi jadi pelaksanaan dan pelayanannya bisa di dinas maupun di Puskeswan Merawang,” imbuhnya. (kbc).

About kabarbabel 2206 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.