Bupati Bangka Launching Festival Pelaksanaan ADD

MENDOBARAT – www.kabarbabel.com, Bupati Bangka Tarmizi Saat melaunching Festival Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Desa Tahun 2016 dan Anggaran Desa Tahun 2017, Jumat (12/4/2017) di Desa Zed, Kecamatan Mendo Barat.
Launching ditandai dengan membuka selubung baleho yang memuat pertangungjawaban penggunaan anggaran 2016 dan rencana penggunaan anggaran desa tahun 2017 yang terpasang di halaman kantor desa Zet, disaksikan forum koordinasasi pimpinan daerah, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangka, para kepala desa dan undangan lainnya.

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan, launching yang dilakukan merupakan bentuk transparansi dan menginformasi kepada masyarakat tentang penggunaan Annggaran Dana Desa (ADD) yang dipergunakan pada tahun 2016 serta tahun 2017 untuk apa saja anggaran yang akan dipergunakan.

“ Dana desa ini berasal dari rakyat, seperti dari pajak, pajak bumi dan bangunan, pajak kendaraan semuanya dikumpulkan sehingga menjadilah APBN yang mengaturnya Meneteri Keuangan dan ditandatangani oleh Presiden serta ketua DPR RI,” ungkap Tarmizi.

Menurut Tarmizi cara yang dilakukan dalam menyampaikan pertanggungjawaban penggunaan ADD secara transparan kepada masyarakat agar tidak memunculkan kecurigaan dari masyarakat.

“ Sakwasangka jangan sampai terjadi karena penggunaan ADD merupakan amanah,” ujarnya.

Bupati mengharapkan kepada para kepala desa dan Camat sebagai pembantu Bupati untuk turut menyukseskan program unggulan kabupaten Bangka seperti bila ditemukan rumah tidak layak huni, masyarakat yang sakit dan berbagai permasalahan sosial lainnya untuk segera disampaikan kepada Bupati.

Dikatakannya, penggunaan ADD harus sesuai dengan aturan agar tidak terjadi permasalah dikemudian hari, termasuk permasalahan hukum.

Menyinggung tentang adanya keterlambatan pembayaran gaji perangkat desa, dijelaskan Bupati hal itu disebabkan terjadi keterlambatan pengajuan yang dilakukan oleh desa itu sendiri, mengingat saat ini pengesahan anggaran desa cukup di Camat tidak lagi melalui Bupati karena akan memperpanjang birokrasi yang menyebakan keterlambatan.

“ Desa segera mengajukan ADD, lebih cepat mengajukan akan lebih cepat pengesahannya sehingga tidak terlambat,” tukas Tarmizi.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) kabupaten Bangka Imran Yunus mengharapan kerjasama yang baik terjalin selama ini antara APDESI dan Pemkab Bangka untuk tetap dipertahankan, untuk itu setiap usulan yang disampaikan APDESI agar dapat dikabulkan Pemda.

Untuk itu APDESI akan terus berpartisipasi mendukung setiap program Pemkab Bangka, termasuk program unggulan dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Usai melaunching festival pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran desa tahun 2016 dan anggaran desa Tahun 2017, Bupati Bangka Tarmizi Saat bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala OPD menyerahkan bantuan beras kepada warga kurang mampu yang merupakan bantuan dari APDESI Kabupaten Bangka.(kbc).

About kabarbabel 2187 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.