Ini Hal Menarik Buat Kamu Harus Wisata ke Belitong

TANJUNGPANDAN – www.kabarbabel.com, menikmati Negeri Laskar Pelangi sebagai sebutan bagi Pulau Belitong yang belakangan booming sebagai destinasi wisata adalah prestise sendiri bagi penggemar travelling. Belitong yang terdiri dari Kabupaten Belitung dan Belitung Timur memiliki magnet sendiri sebagai syurga baru wisatawan dan mulai menjadi rekomendasi bersama destinasi wisata seperti Bali, Lombok, Papua, dan beberapa wisata terkenal lainnya di Indonesia.

Sunset Tanjungpendam Belitong. (Foto : www.kabarbabel.com)

Belitong mulai benar-benar tumbuh menjadi industri wisata sejak tahun 2000 ke atas. Semakin booming dengan meledaknya Novel dan Film Tetralogi Laskar Pelangi. Lalu, mengapa Belitong sekarang menjadi salah satu destinasi yang direkomendasikan di Indonesia saat ini?.

Pantai Tanjung Tinggi Belitung (Foto : www.kabarbabel.com)

Ini lah beberapa hal menarik tentang Belitong :

1. Belitong punya Keindahan Alam

Belitong hampir seluruh pesisir memiliki daya tarik baik itu kawasan pantai seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Burung Mandi, Pantai Penyabung, Pantai Tanjung Kelayang. Ada juga Pulau Lengkuas, Pulau Lebong, Pulau Ayam, Pulau Kepahyang.

Snorkling Pulau Lengkuas Belitong (Foto : www.kabarbabel.com)

Wisatawan dapat snorkling di perairan Belitong yang salah satu direkomendasikan pada seputaran Pulau Lengkuas, spot diving terumbu karang maupun spot kapal karam penuh sejarah bisa jadi pilihan. Bagi penghobi memancing bisa melakukannya dengan bantuan komunitas Belitong Fishing Comunity (BelFiC) atau bersama nelayan setempat.

Suasana Sore Desa Nelayan Tanjung Binga Sijuk (Foto : www.kabarbabel.com)

Kita juga bisa melihat keseharian nelayan pesisir beraktivas menyiapkan perahu sebelum berlayar, atau baru pulang melaut dan bongkar muat di kawasan Nelayan Tanjung Binga atau Pantai Serdang. Bocah-bocah pesisir yang tiap pagi dan sore bermain dengan sampan sambil memancing pun menjadi daya tarik tersendiri saat menjelang sunset di pesisir barat Pulau Belitong.

2. Belitong Punya Kuliner Seafood Segar
Belitong terkenal dengan kuliner walau wisatanya baru berjalan 20 tahun namun geliat usaha kuliner bervariatif. Penyuka kuliner sea food Belitong salah satu tempatnya.

Pantai TanjungTinggi Belitong (Foto : www.kabarbabel.com)

Ikan-ikan segar bisa disajikan langsung untuk dimasak dengan pilihan utama Gangan Belitong sebagai khasnya. Ada juga kuliner ketam isi, ikan bakar, mie Belitong, otak-otak Belitong dan lainnya.

3. 1001 Warung Kopi dan Cafe

Wisata Belitong sudah menjelma menjadi perpaduan wisata tradisional dan alami. Sehingga wisatawan tidak melulu disajikan hal-hal jadul, tetapi ada juga hal-hal gaul. Pecinta kopi yang sekarang sedang trending di kota manapun telah ada sejak dahulu maupun di era Belitong wisata.

Suasana salah satu warkop di Belitong (Foto : www.kabarbabel.com)

Cukup mudah menemukan warkop ternama di Belitong dengan ciri khasnya sendiri. Misalkan di Tanjungpandan warkop lama seperti Kong Jie, Akeh, Mak Jannah, Bansai atau deretan warkop di Manggar bisa jadi pilihan. Sedangkan warkop modern bisa ditemukan hampir di setiap sudut Tanjungpandan, Manggar maupun sudut-sudut desa di Belitong.

Warkop Bansai Tanjungpendam (Foto : www.kabarbabel.com)

Nuansa santai cafe banyak ditemukan di kawasan wisata Tanjungpendam, ada kareso, unique dan lainnya dengan konsep nonton bareng, live music galeri seni dan lainnya. Termasuk tempat-tempat hiburan malam yang menyajikan karoeke pada beberapa tempat, include fasilitas hotel.‎

3. Belitong Nuansa Melayu, Seni dan Budaya

Nah, ini salah satu khasnya Belitong, anda bisa merasakan hal itu ketika pertama kali menginjak Pulau Belitong baik lewat pelabuhan atau pun bandara. Dialek khas melayu mirip-mirip dataran Sumatera seperti Kepulauan Riau atau pun Malaysia sudah terasa. Itu bisa ditemukan pada setiap penjuru Belitong.

Seni dan Budaya sudah menyatu dalam nuansa wisata Belitong. Pada beberapa tempat memiliki perpaduan konsep seni, budaya dan wisata dalam kemasannya. Waktu tertentu ada tradisi budaya seperti Maras Tahun, Festival Laskar Pelangi, Nirok Nanggok, sedekah adat laut. Anda juga bisa melihat seni kerajinan parang Badau di Badau, pembuat dambus di Baro atau pelukis wajah yang dilakukan Bang Engon di Bansai, termasuk pengrajin batu satam salah satu souvenir khas Belitong.

Museum Kata Andrea Hirata, Gantong Belitung Timur (Foto : www.kabarbabel.com)

Ada juga galeri kata punya Andrea Hirata yang dikenal dengan Musem Kata Andrea Hirata. Anda bisa menemukannya di Gantong Belitong Timur yang tempatnya tidak jauh dari replika SD Laskar Pelangi. ‎

4. Ramah, Pluarisme dan Belajar Politik

Belitong tidak menjadi tempat wisata alam, seni dan budaya. Hal lain yang menarik sebenarnya, masyarakat Belitong terkenal ramah dan terbuka ke siapa pun dengan catatan ‘orang baik, masyarakat Belitong akan lebih baik’. Sehingga keramahan lebih dominan ada dalam tatanan sosial masyarakat Belitong. Tak perlu khawatir tersesat karena saat bertanya akan ada yang menjawab dengan ramah dan sebenarnya.

Keberagaman masyarakat Belitong menyebabkan daerah ini tidak dominan dari rumpun suku Melayu, ada Bugis, China, Jawa, Padang, Madura dan lainnya. Semua rukun hidup berdampingan maupun terlibat dalam sebuah rutinitas pekerjaan dan kegiatan.

Soal politik, Belitong salah satu tempat kalau anda berminat mendengarkan hal-hal politik. Masalah politik lokal, provinsi maupun nasional selalu hangat dibahas. Bisa dibilang, tukang ojek pun mampu berdiskusi soal politik. Beberapa tokoh Belitong sudah muncul ke pusaran nasional, terlepas kontroversial seperti DN. Aidit pada era PKI, Yusril Ihza Mahendra yang sekarang menjadi salah satu pakar hukum ternama Indonesia maupun Basuki T. Purnama atau Ahok yang sempat menjadi buah bibir belakang.

Disamping ke 4 hal menarik di atas banyak tempat-tempat dan nuansa yang bisa anda nikmati ke Belitong dengan segala pilihan sesuai selera. Anda bisa menikmati wisata tambang Open Pit, Kampung Bali di Sijuk, wisata Air Terjun Gunung Tajam, wisata Kepulauan Selat Nasik, wisata camping, wisata sejarah kerajaan-kerajaan Belitong.

Menanam Bakau Bersama Pegiat Lingkungan Gabungan Pecinta Alam Belitong (Gapabel) (Foto : www.kabarbabel.com)

Atau anda pegiat alam, bisa bergabung dengan pegiat lingkungan seperti Gabungan Pecinta Alam Belitong (Gapabel) yang biasa menanam bakau, merintis spot wisata baru. Ada juga wisata fotografi karena Belitung banyak spot landscape dan human interest.

Untuk pilihan akomodasi, Pulau Belitong dengan jarak tempuh pesawat 50 menit dari Jakarta, 30 menit dari Pangkalpinang-Bangka ini menyediakan penginapan mulai dari melati sampai hotel bintang. Ada juga sewa kendaraan motor, mobil, bus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Menikmati Belitong dalam 3 hari 2 malam adalah pilihan standar minimal, namun dipastikan akan membuat anda ingin berlama lagi atau setidaknya ada berfikir akan kembali lagi. Sebaiknya siapkan rencana keberangkatan anda jauh-jauh hari supaya tidak terjebak tiket mahal, tiket habis, hotel penuh ataupun kehabisan perahu untuk hopping Island saat weekend atau libur panjang.

Namun pada weekday Belitong sangat santai suasananya termasuk juga dari sisi budgeting yang ditawarkan. Anda bisa merencanakan perjalanan lewat open trip ataupun paket perjalanan tour travel yang banyak ditawarkan pelaku wisata dengan pilihan mewah sampai paket hemat.

Tertarik ke Belitong?. Siapkan rencana perjalanan anda. (vna).

About kabarbabel 2258 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.