PERTARA Babel Hendak Lindungi Penambang

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Ketua PERTARA (Perhimpunan Tambang Rakyat) Propinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), M. Sadid Alwi mengatakan beberapa bulan terakhir banyak sekali masyarakat pemilik ponton isap drum plastik yang ditangkap. Hal ini juga terpantau dari pemberitaan di media massa.

“Ada juga penambang diamankan karena menambang timah di laut tanpa dokumen yang jelas, maka kami dari masyarakat Babel yang peduli dengan pertimahan di Babel ini merasa miris melihat penomena ini. Untuk itu ingin sekali mewadahi mereka para rakyat penambang timah tersebut baik yang menambang di darat maupun di laut dalam satu wadah, ” kata Sadid Alwi.

Dijelaskannya, dengan PERTARA Babel diharapkan seluruh rakyat penambang timah dapat bersatu padu, dan berjuang bersama-sama guna mendapatkan haknya. Mengingat, sekarang merupakan eranya rakyat dan rakyat Babel harus berdaulat dalam segala hal termasuk dalam urusan pertimahan di Bangka Belitung ini. PERTARA bermaksud, dengan pengelolaan timah yang berpihak kepada rakyat, rakyat Bangka Belitung akan lebih sejahtera.

“Kita tahu bahwa timah sampai saat ini masih menjadi andalan dan harapan masa depan rakyat Bangka Belitung. Melihat realita yang ada obsesi tersebut masih perlu diperjuangkan oleh seluruh komponen masyarakat Babel, tua muda, laki-perempuan,” tandasnya.

PERTARA sangat yakin walaupun timah di Babel ini tinggal sisa-sisa, tetapi bila dikelola dengan sistem Tambang Rakyat maka rakyat masih bisa hidup lebih layak.

“Mari kita semua peduli dengan timah dan jadilah tuan rumah di negeri sendiri,” tuturnya.

Ditambahkannya, pemangku kekuasaan dan kebijakan di Babel diminta segera memetakan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) dan mengeluarkan Izin Pertambangan Rakyat (IPR). PERTARA Babel tetap akan bersinergi kepada semua pihak dan kepada perusahaan pertambangan yang sudah menambang sesuai IUP-nya. Selain itu dimohon untuk mengembalikan eks lokasi tambang tersebut kepada Pemerintah Daerah untuk selanjutnya diberikan IPR.

“Kepada para pengusaha timah yang berminat untuk bergabung sebagai pembeli biji timah dan menyerahkan biji timahnya ke pemilik IUP, mari daftarkan diri anda ke PERTARA Babel. Saya berharap kepada saudara-saudara kami para penambang yang memiliki alat tambang timah darat maupun alat tambang laut berupa ponton drum plastic (PIP DRUM PLASTIK) di seluruh Bangka Belitung, daftarkan diri anda ke Kantor PERTARA-BABEL Jalan RE Martadinata (samping SD MIN) Pangkalpinang atau ke H. YOYO di 085320931111, dan Angga 082182199776.” pungkasnya.(eru)

About kabarbabel 2424 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.