BPJS Kesehatan Babel Gelar Forum Komunikasi Dan Kemitraan di Belitung

Suasana diskusi Forum Komunikasi dan Kemitraan yang digelar oleh BPJS Kesehatan Provinsi Babel di Ruang Rapat Bupati Belitung

TANJUNGPANDAN, www.kabarbabel.com, Kantor Wilayah Badan Pengelola Jaminan Sosial (Kanwil BPJS) Kesehatan Provinsi Bangka Belitung (Babel), selama dua hari menggelar Forum Komunikasi dan Kemitraan terkait dengan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Belitung, bertempat di Ruang Rapat Bupati Belitung, Kantor Sekretariat Daerah Pemkab Belitung Jalan A Yani Tanjungpandan, Belitung.

Pantauan Kabarbabel.com di lapangan, acara Forum Komunikasi dan Kemitraan yang digelar Kanwil BPJS Kesehatan Provinsi Babel yang berlangsung sejak hari Selasa tanggal 18 April hingga Rabu tanggal 19 April ini, dibuka oleh Asisten Setda Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Drs Jasagung Hariyadi. Forum Komunikasi dan Kemitraan BPJS Kesehatan di Kabupaten Belitung ini, melibatkan 16 instansi termasuk Bupati dan Setda Kabupaten Belitung.

Pada hari pertama, Forum Komunikasi dan Kemitraan membuka diskusi dengan Pemangku Utama. Sedangkan pada hari kedua, diskusi juga membuka kesempatan kepada para peserta Forum untuk menyampakan permasalahan terkait dengan pelayanan BPJS Kesehatan.

Plh Kepala Layanan Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung, Ricco Hanggara mengatakan, kegiatan Forum Komunikasi digelar dengan beberapa tujuan. Pertama, untuk memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan program JKN di wilayah Kabupaten Belitung. Kedua, untuk menjaga Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Utama serta anggota Forum Komunikasi dan Kemitraan Kabupaten Belitung.

“Ketiga, untuk melaporkan kegiatan yang sudah dilaksanakan, dan hasil pencapaian pada tahun 2016. Keempat, meminta dukungan pemerintah Kabupaten Belitung untuk mempercepat Universal Healt Coverage. Intinya, semua masyarakat di Kabupaten Belitung sudah terdaftar dalam JKN-KIS,” ungkap Ricco, Rabu (19/4).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, dr Suhandrie Sp.OG mengatakan, kinerja terkait pelayanan BPJS Kesehatan erat hubungannya dengan keakuratan data yang disampaikan oleh pihak desa dan kelurahan.

“Hal ini dapat dilihat dari banyaknya warga yang sudah tidak tercantum dalam database kemiskinan di tingkat pusat,  namun masih menerima pelayanan sebagai warga miskin,” sebut Suhandri.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Provinsi Babel, Saiful mengatakan, dari hasil diskusi forum disimpulkan bahwa JKN di Kabupaten Belitung yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan telah meng-cover 80 Persen penduduk Kabupaten Belitung. Peserta JKN sebanyak 50 persen sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) yakni masyarakat miskin yang tidak mampu membayar iuran.

“Iurannya dibayar pemerintah, baik yang berada di tingkat pusat maupun daerah. Adapun tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan kesehatan mencapai 78 persen, data ini diperoleh berdasarkan survey yang dilakukan oleh pihak ketiga,” ujar Saiful.

Namun Saiful merasa lega, karena BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung tidak mengalami masalah terkait penunggakan keuangan. Hal ini sesuai dengan data yang ada pada BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung dengan data di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belitung yang sudah sinkron.

Hadir dalam acara Forum Komunikasi dan Kemitraan ini antara lain, Asisten Setda Bidang Pembangunan dan Perekonomian Pemkab Belitung, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Kepala Bagian Sosial Kabupaten Belitung, Kepala Kantor Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Belitung, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belitung, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Kabupaten Belitung, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Belitung, Kepala Kantor Perlindungan Anak dan Sosial (PPPAS) Kabupaten Belitung, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Belitung, Pihak Rumah Sakit Bhakti Timah Kabupten Belitung, Direktur BLUD RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, Anggota Legiun Veteran, Anggota Persatuan Wredatama (PWRI) Kabupaten Belitung dan Anggota Pebari Kabupaten Belitung, serta BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung (yab).

About kabarbabel 2051 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.