Ratusan Pelajar Ikuti Seleksi Paskibraka

Panitia seleksi sedang melakukan tes PBB terhadap sejumlah pelajar putri yang mengikuti seleksi Calon Anggota Paskibraka

TANJUNGPANDAN – www.kabarbabel.com, Sebanyak 253 orang pelajar dari berbagai SLTA di Kabupaten Belitung, mengikuti seleksi Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk tingkat Kabupaten dan Tingkat Provinsi. Seleksi yang berlangsung di Gedung Olah Raga (GOR) Tanjungpandan ini berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 11 hingga 13 April 2017.

Koordinator Tim Seleksi Paskibraka, Ipda Abdul Haris mengatakan, seleksi yang berlangsung selama 3 hari dilakukan dengan sistem gugur. Sehingga Panitia Seleksi mengumumkan nama-nama yang lolos dan masuk dalam tahapan seleksi berikutnya.

“Setiap hari kita umumkan nama-nama yang masuk ke tahap berikutnya. Seperti hari pertama, saat tes Kesehatan dalam pengukuran tinggi aja sudah banyak yang kita buang karna syarat tingginya tidak cukup. Dengan sistem gugur begini, hasil yang diharapkan bisa lebih selektif,” ungkap Perwira yang akrab disapa Aris ini, Kamis (13/4), di GOR Tanjungpandan.

Menurut Aris, dari ratusan pelajar yang ikut Seleksi ini, hanya 32 orang diambil untuk Paskibraka tingkat Kabupaten dan 8 orang untuk ikut seleksi di tingkat Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang akan berlangsung pada awal Mei 2017 mendatang. 8 orang yang lolos seleksi tingkat Provinsi ini akan melanjutkan seleksi tingkat nasional.

“Setelah lolos seleksi ditingkat Kabupaten, 8 orang yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri ini, akan diikutkan dalam seleksi tingkat Provinsi pada tanggal 2 hingga 7 Mei nanti. Sedangkan untuk seleksi tingkat Nasionalnya tanggal 22 Mei. Tentunya mereka terpilih, lantaran dinilai yang terbaik dari yang terbaik, dari ratusan peserta seleksi calon Anggota Paskibraka, terang Aris.

Masih menurut Aris, dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan mempersiapkan latihan fisik, PBB dan lainnya bagi delapan orang pelajar yang lolos untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi. Penggemblengan pra diklat ini juga akan dilakukan untuk calon anggota Paskibraka tingkat Kabupaten yang sudah dinyatakan lolos seleksi.

“Mulai hari minggu ini, dan setiap hari minggu ke depannya, mereka akan di TC (Training Center) untuk persiapan seleksi Provinsi. Termasuk mereka yang Kabupaten, juga sudah memasuki pra diklat, dan ini akan kami samakan kegiatannya,” lanjut Aris.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Belitung, Hendra Caya mengatakan, peserta seleksi merupakan pelajar kelas 1 SLTA yang diutus oleh masing-masing sekolah. Seleksi meliputi Kesehatan, Jasmani, Pengetahuan Umum, Psikotes dan Parade Baris Berbaris. Sedangkan Panitia Seleksi berasal dari unsur Dispora, TNI AD, TNI AU, Polri dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

“Dengan singkatnya waktu pelaksanaan seleksi ini, mudah-mudahan kami selaku panitia tidak salah pilih dalam menentukan yang terbaik untuk menjadi Paskibraka Kabupaten maupun Provinsi. Justru harapan kami, dari Belitung nantinya ada yang mewakili Provinsi untuk ke tingkat Nasional,” sebut Hendra Caya.

Hendra Caya menambahkan, pihaknya akan mengawal pelaksanaan seleksi tingkat Provinsi yang akan diikuti 8 orang pelajar yaitu, Areyzi asal MAN Tanjungpandan, Purnomo asal SMAN 2 Tanjungpandan, Muhammad Hibban Y asal SMAN 1 Tanjungpandan, Windu Priyogo Pangestu asal SMA PGRI Tanjungpandan, Lidya Puspita Sari asal SMAN 1 Tanjungpandan, Dhinia Trisepta Pitaloka asal SMAN 1 Tanjungpandan, Atha Kirana I asal SMAN 2 Tanjungpandan, Rissa Aryani asal SMKN 1 Tanjungpandan.

“Akan kami kawal proses seleksinya,  sampai dimana mereka nanti, karena mereka yang terbaik, dan kami harap seleksi di Provinsi itu nantinya jujur serta memilih yang terbaik dari yang terbaik,” pungkas Hendra Caya (yab).

About kabarbabel 2072 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.