Pemkot Bandung Sharing Strategi Sakip

Ilustrasi (net)

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan sharing strategi peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Kabupaten Bangka, Sabtu (15/4/2017) di ruang pertemuan Bina Praja Setda Bangka.

Sekda Bangka, H. Fery Insani yang memimpin pertemuan tersebut bersama dengan Kepala Bappeda Bangka, Panbudi Marwoto dan dihadiri para kepala SKPD Pemda Bangka mengatakan, Pemda Bangka sangat serius untuk meningkatkan SAKIP dan mudahan mudahan keseriusan ini menjadi lebih baik.

‘’Mendapat peringkat B kita tinggal sedikit lagi. Kita sangat serius dan kita berharap tahun ini perstasi lebih baik. LAKIP kita sudah bagus meskipun dalam keadaan keuangan yang sangat krisis,’’ungkap Sekda Bangka.

Sementara itu, Hendrawan selaku Inspektorat kota bandung mengatakan tahun 2013 bulan September mendapatkan nilai LAKIP CC . Kemudian, membuat inovasi dan gebrakan pertama kali ke inspektorat. Jadi ada inspektur pembantu (IRBAN) khusus yang menangani masalah pengadaan barang dan kontrak, serta melayani khusus pelayanan publik.

‘’Jadi seluruh keluhan keluhan masyarakat difahami dari hal yang kecil. Walikota Bandung tidak pandang bulu, silahkan berbuat silahkan bertanggung jawab. Temuan- temuan di Inspektorat perencanaan yang tidak matang banyak anggaran anggaran yang pemakaiannya yang tidak sesuai kebutuhan itu yang harus diperbaiki,’’jelasnya.

Mochammad Yudi Mulyana dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kota Bandung mengatakan ada 5 komponen SAKIP yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja dan capaian kinerja.
Semua perangkat daerah terkait pencapaian indikator pada RENTRA dan aspek ada 3 SILAKIP untuk mencapai budaya kinerja yang baik yakni pemenuhan atau formalitas, kualitas, implementasi menurut konsep perencana Provinsi dan Kementrian Lembaga ini baik maka akan menurun dan semua akan dikomponenkan pada komponen yang kelima pencapaian.

‘’Pencapaian pelayanan publik semua kota kabupaten akan baik nanti publik yang akan menerima hasilnya,’’ jelasnya. (kbc).

About kabarbabel 2399 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.