IPAL Komunal KSM Kampas Lestari Diresmikan

Peresmian Sanimas IPAL Komunal KSM Kampas Lestari, Sabtu (15/4/2017). (Foto:www.kabarbabel.com)

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal Sanitasi Masyarakat (SANIMAS) Islamic Development Bank (IDB) di lingkungan Kampung Pasir Sungailiat, Kelurahan Kuday, Kecamatan Sungailiat tahun anggaran 2015 diresmikan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Bangka yang mewakili Bupati Bangka.

Asisten Administrasi Umum Sekda Bangka, H. Akhmad Mukhsin, dalam sambutannya mengatakan, pembangunan IPAL Komunal ini dapat dirasakan oleh masyarakat perkotaan yang dibantu oleh IDB yang mana di Kabupaten Bangka sudah banyak didirikan seperti di Sempan, Kecamatan Pemali, Lingkungan Nelayan 1 Sungailiat, dan juga di Parit Padang yang masih dalam tahap finishing.

‘’Peran serta masyarakat sangat diharapkan untuk pengelolaan IPAL Komunal ini. Untuk tempat pembuangan akhir (TPA) sampah kita juga sudah menyiapkan untuk kawasan Mendobarat, Puding Besar dan Bakam kita menyiapkan lahan 5 hektar di Puding Besar, untuk kawasan Belinyu Riausilip disiapkan di Belinyu, dan untuk Sungailiat Pemali disiapkan di Kenanga, Sungailiat.

Dikatakannya lagi, Pemda Bangka berharap kepada Satker PSPLP Provinsi Babel tetap mengusulkan untuk perencanaan pengelolaan sampah dan air limbah karena dari APBD Bangka tidak mencukupi untuk membuat lingkungan sehat.

’Kita harus bersyukur dan semoga IPAL ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat pengelolaan air limbah dan bangunannya bisa dimanfaatkan seperti Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Pagarawan yang diundang untuk bertemu Presiden dalam Hari Air karena sangat kreatif memanfaatkan Bangunan IPAL Komunal sebagai taman bacaan dan disediakan Wifi gratis,’’ungkap Mukhsin.

Sementara itu, Ketua KSM Kampas Lestari, Agus Suprianto, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada warga Kampung pasir yang telah mendukung pembangunan IPAL KOMUNAL dan khusus untuk Akhmad yang telah menghibahkan tanahnya untuk membuat bangunan IPAL KOMUNAL dan bisa dimanfaatkan oleh warga yang mana telah tersambung 54 Saluran Rumah (SR).

‘’Bangunan inti 3×8 M kemudian diperlebar menjadi 5×8 m yang mana dipergunakan juga sebagai balai pertemuan warga. KSM Pagarawan, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka juga diundang ke Jakarta untuk menghadiri hari Air bertemu dengan Presiden sebagai perwakilan dari Provinsi Bangka Belitung,’’ungkap Kepala Satker PSPLP Provinsi Babel, Miarka Risdawati.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari kepolisian, TNI, para kepala SKPD, Lurah, dan para tamu undangan lainnya. (kbc).

About kabarbabel 2042 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.