Yuslih Heran, Kok Calon Kades Gak Mau Kampanye

MANGGAR – www.kabarbabel.com, Sebanyak 5 calon Kepala Desa (Kades) Kurnia Jaya yang akan bertarung dalam Pemilihan Kades serentak 18 April 2017 mendatang tidak ada yang melakukan kampanye dengan para pemilihnya. Meski panitia pemilihan sudah memberikan izin namun tak seorang pun yang mengambil kesempatan tersebut.

Hal itu ternyata mendapatkan perhatian dari Bupati Belitung Timur (Beltim), Yuslih Ihza. Yuslih, yang mendengarkan laporan dari ketua pemilihan Kades Kunia Jaya, mengaku kaget dan menyayangkan kenapa sampai calon pemimpin enggan untuk mensosilisasikan visi misi mereka.

“Kampanye itu kan penting agar calon pemilih kita dapat mengenalkan kepada konstituen visi misi seperti apa. Kalau dak kampanye gimana orang mau kenal kita,” kata Yuslih seusai Rapat Koordinasi dan Serah Terima Logistik Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak di Ruang Rapat Sekretariat Daerah, Rabu (12/4/2017).

Mantan Anggota DPRD Kepulauan Bangka Belitung itu mensinyalir keengganan calon kades Kurnia Jaya tersebut lantaran mereka kesulitan mengurus administrasi. Sebelumnya, panitia pemilihan kades Kurnia Jaya memang mensyaratkan bagi calon kades yang ingin melakukan kampanye harus meminta izin dari Polsek Manggar.

“Ini kan sayang ada kesempatan, tapi tidak digunakan. Dengan kampanye kita juga bisa sekaligus mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan. Namun mungkin juga masing-masing sudah punya strategi tersendiri,” ujarnya.

Dalam pemilihan Kades serentak di Kabupaten Beltim tahun 2017 ini, Bupati menargetkan tingkat partisipasi dari tiap desa minimal 75 persen dari seluruh mata pilih di masing-masing desa. Namun yang lebih diharapkannya adalah Pilkades serentak di Kabupaten Beltim dapat berlangsung aman dan tertib.

“Rata-rata mata pilihkan mencapai 3.000 kalau di bawah 75 persen amat disayangkan. Cuman yang jelas pelaksanaannya bisa berjalan aman, tertib, dan mampu menghasilkan pemimpin desa yang berkualitas dan terbaik,” harapnya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Kapolres Beltim, AKBP. Nono Wardoyo meminta agar para panitia pemilihan kades yang terlibat dapat melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin, sesuai dengan fungsi masing-masing.

“Kami dari pihak keamanan berharap pilkades serentak dapat berjalan lancar, aman, demokratis, jujur, dan adil. Seluruh panitia dapat dengan profesional menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing,” ungkap Nono.

Nono pun mengajak masyarakat desa yang akan melaksanakan pilkades untuk turut berpartisipasi menyalurkan aspirasinya. Ia berharap masyarakat dapat memilih pigur pemimpin yang akan membawa desa menjadi lebih baik.

“Silahkan pilih calon kepala desa yang terbaik menurut mereka. Calon yang bisa menyalurkan aspirasinya, membawa desa tersebut ke arah yang lebih baik, sehingga ada perubahan berarti bagi pembangunan di desa,” ujar Nono.

Dua desa di Kabupaten Beltim akan melaksanakan pilkades serentak. Dua desa tersebut meliputi Desa Kurnia Jaya di Kecamatan Manggar dan Desa Mentawak di Kecamatan Kelapa Kampit. Pemkab Beltim menyerahkan kotak suara dan lembar surat suara untuk dipergunakan pada 18 April mendatang. (kbc).

About kabarbabel 2065 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.