Ketegangan Terjadi Saat Tim Panja Sidak Gudang Obat Dinkes Bangka

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Tim Panja II DPRD Bangka yang turun ke lapangan menemukan tumpukan obat-obatan di gudang Farmasi Dinkes Bangka. Rombongan yang dipimpin Mendra dan didampingi anggota, Mulkan, Magrizan, Fauzi, Firdaus, Ruswanto, Dian dan staf sekwan, minta agar penanggung jawab pendistribusian obat-obatan di Dinkes bertanggung jawab.

“Saya pertanyakan kenapa obat-obatan ini menumpuk begini, aturannya harus didistribusikan ke puskesmas –puskesmas. Kalau obat-obatan ini sudah kedaluwarsa harus dimusnahkan. Tapi kalau masih bisa dipakai, ya aturannya cepat dikirim ke puskesmas-puskesmas,” ungkap Mendra, saat meninjau langsung di Gudang Farmasi Dinkes Bangka, Rabu (12/4/2017).

Tidak hanya Mendra, Mulkan juga menyayangkan ada obat-obatan menumpuk yang tidak didistribusikan ke puskesmas atau rumah sakit. “Kalau expired seperti ini gimana?. Perlu diketahui di sini sifatnya hanya penyalur, kalau seperti ini, berarti distribusinya tidak jalan,” tegas Mulkan.
Ditambahkan Mulkan, seharusnya tidak terjadi penumpukan obat seperti ini dan harus segera didistribusikan ke puskesmas dan rumah sakit.

“Sebab Dinkes bukan agen dan cuma numpang lewat. Saya berharap kedepan jangan sampai terjadi seperti ini adanya penumpukan obat-obatan seperti ini. Kalau memang kadaluwarsa segera mungkin dimusnahkan dan kalau memang harus didistribusikan segera didistribusikan,” tegas Mulkan.

”Mungkin pihak dinkes minta dibuatkan gudang lebih besar, sehingga dapat menampung obat-obatan lebih banyak lagi,” sambung Mendra.
Mendengar lontaran Mendra, langsung dijawab oleh Penanggung Jawab Gudang Farmasi Dinkes Bangka, Ny Herlina. Ia menampik apa yang dituduhkan legislator Kabupaten Bangka itu.

“Jangan begitu pak. Sebab kami seolah-olah di sini tidak bekerja dan hanya tidur,” jawabnya.

Tanpa menunggu lagi, Mendra langsung menyahut.

“Lho kok jawaban ibu seperti itu. Dan yang bilang tidur itu ibu lho, bukan saya. Sudahlah, ibu ini bikin naik darah saja,” jawab Mendra.

Sementara melihat hal tersebut, Mulkan berupaya untuk bersikap bijak dan menenangkan kondisi.

“Gini saja, pada intinya saya dan teman-teman berharap agar kedepan tidak terjadi seperti ini,” ungkapnya.
Akhirnya Penanggung Jawab Gudang Farmasi Dinkes Bangka, Ny Herlina pun berjanji akan segera mungkin menyalurkan obat-obatan tersebut.

“Nanti akan kita upayakan sebaik mungkin dan tidak seperti ini lagi,” pungkasnya.

Tim Panja II DPRD Bangka, pun meninggalkan Dinkes dan meluncur ke SMK Negeri 1 Sungailiat, Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas Sungailiat.(eru) .

About kabarbabel 2056 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.