Sering Gaduh, Simpul Babel Pertanyakan Sungailiat Triathlon dan Bangka Expo

Ketua Simpul Babel Ujang Supriyanto (Foto:Dok. www.kabarbabel.com).

SUNGAILIAT – www.kabarbabel.com, Simpul Babel mempertanyakan penyelenggara 2 even dalam waktu dekat ini. Even pertama adalah Sungailiat Triathlon dan Bangka Expo 2017. Yayasan/lembaga masyarakat yang bergerak pada pusat studi dan implementasi Program Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Bangka Belitung ini mempertanyakan seperti apa progress kegiatan tersebut.

Ketua Umum Simpul Babel Ujang Supriyanto AR mengatakan, kegiatan Sungailiat Triathlon dan Bangka Expo 2017 adalah bagian program Pemerintah Daerah yang harus benar-benar berhasil guna bagi masyarakat dan dapat dirasakan tolak ukurnya bagi pembangunan ekonomi kreatif bagi masyarakat.

“Bahwa kegiatan Sungailiat Triathlon yang setiap tahunnya dilaksanakan selalu menimbulkan kegaduhan publik dalam persiapan dan pelaksanaannya dan menurut catatan kami beberapa tahun ini dalam pelaksanaannya belum maksimal dirasakan dampaknya bagi masyarakat Kabupaten Bangka,” kata Ujang kepada kabarbabel.com, Selasa (11/4/2017).

Lebih lanjut ia katakan, Simpul Babel meminta informasi data yang dibutuhkan menyangkut bagian dari ‎ impelementasi Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Pihaknya meminta 5 hal, yakni Daftar uraian DPA kegiatan Triathlon dan data kepesertaan EO yang mengikuti Lelang Pengadaan Barang/Jasa pada kegiatan tersebut.

Selain itu, meminta juga Jadwal Proses Lelang dan Mekanisme tang berjalan, fotocopy MoU pelaksanaan Bangka Expo 2017 antara pihak ketiga (event organizer) dengan pemerintah daerah dalam hal ini adalah Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka serta Fotocopy SK Kepanitian Bangka Expo dan Sungailiat Triathlon 2017. 

“Kami sampaikan kiranya dapat ditindaklanjuti dalam upaya memberikan informasi yang akurat dan kapabel bagi masyarakat Kabupaten Bangka,” jelasnya.

Mantan Ketua KNPI Kabupaten Bangka ini pun mengkritisi, kisruh even tersebut khususnya Sungailiat Triathlon telah menuai berbagai pertanyaan. Selain setiap tahun menggunakan dana APBD juga mendapat dana sponsor dan iuran pendaftaran bagi peserta. Padahal sesuai Peraturan Pemerintah RI Nomor 18 tahun 2007 tentang Pendanaan Olahraga sudah ada penganggaran untuk kegiatan olahraga termasuk seperti Sungailiat Triathlon.‎

“Padahal seperti Sungailiat Triathlon selalu diklaim sukses. Kalau memang sukses coba hentikan penyelenggaraannya dengan dukungan APBD. Coba lempar ke siapa yang berminat, EO misalnya. Kalau itu diselenggarakan tanpa APBD bisa mendatangkan atlet, menimbulkan efek wisata, peningkatan pesanan akomodasi dan ekonomi kreatif baru benar-benar jadi bukti even Sungailiat Triathlon memang sukses,” kata Ujang.

Ditambahkannya apabila tidak ada penjelasan dari pihak terkait lewat surat yang dilayangkan ia menyatakan akan melakukan gugatan lewat sengketa informasi daerah. Terkait apa yang disampaikan Simpul Babel ini, kabarbabel.com sedang berupaya menghubungi Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, namun hingga berita ini diturunkan konfirmasi belum didapat. (kbc)

About kabarbabel 2241 Articles
Portal Berita Bangka Belitung Masa Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.